PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR NAGA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Astria Arini
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh pentingnya pemberian stimulalsi dalam peningkatan penguasaan kosakata merupakan stimulus yang penting untuk diberikan pada anak usia dini, khususnya pada anak usia 5-6 tahun. Pada umumnya proses pembelajaran kelompok B di Taman Kanak-kanak tentang penguasaan kosakata masih jarang diberikan dan diterapkan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan permainan ular naga modifikasi dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-kanak serta untuk mengetahui efektifitas pengembangan permainan ular naga modifikasi dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-kanak, oleh karena itu peneliti tertarik meneliti tentang pengembangan permainan ular naga modifikasi untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian research and development (penelitian pengembangan) dan desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest desaign. Subyek yang digunakan yaitu 3 TK, dengan 1 TK sebagai uji coba produk dan 2 TK sebagai uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung < t tabel dengan eksperimen membandingkan efektifitas dan efisiensi sistem kerja lama dengan baru.Berdasarkan hasil analisis data tentang penguasaan kosakata dalam memecahkan masalah saat observasi awal (pretest) menggunakan permainan ular naga modifikasi diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 8,67 di TK Khadijah Pandegiling dan 8,4 di TK Putera Harapan dengan hasil rata-rata posttest 13,75 di TK Khadijah Pandegiling dan 12 di TK Putera Harapan. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 14 untuk TK Khadijah Pandegiling serta t tabel = 52 untuk TK Putera Harapan. Hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung < t tabel (0 < 14) dan (0 < 52). Hal tersebut membuktikan bahwa permainan ular naga modifikasi dapat meningkatkan penguasaan kosakata secara signifikan pada kelompok B di Taman Kanak-kanak. Melalui pembuktian tersebut maka permainan ular naga modifikasi dapat diterapkan untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada kelompok B di taman Kanak-kanak.

Kata kunci: permainan ular naga modifikasi, penguasaan kosakata.

Abstract

This study is based on the importance of the increase in vocabulary stimulalsi an important stimulus to be given in early childhood , especially in children aged 5-6 years . In general, the process of group learning in kindergarten about vocabulary is rarely given and properly applied. The purpose of this study to determine the ular naga game development process modifications to improve the mastery of vocabulary in early childhood group B in kindergarten as well as to determine the effectiveness of a modified ular naga game development in improving the mastery of vocabulary in early childhood in group B Nursery child, therefore researchers interested in researching about game development ular naga modifications to increase the child's vocabulary mastery.This study used a research approach research and development (development research) and research design using a one - group pretest - posttest desaign. The subjects used were 3 kindergarten, the kindergarten as a test 1 and 2 kindergartens as product trial usage. Methods of data collection using observation with assessment tools such as observation sheets . Statistical analysis of the data using non-parametric Wilcoxon test marked level (Wilcoxon matched pairs test) with the formula t < t table with experiment comparing the effectiveness and efficiency of the old work with the new system.Based on the analysis of data about the vocabulary in solving problems when the initial observations (pretest) using a modified ular naga game earned an average rating of 8.67 on the pretest results Khadijah Pandegiling kindergarten and Putera Harapan kindergarten 8.4 with an average yield of posttest 13,75 in Khadijah Pandegiling kindergarten and 12 in Putera Harapan kindergarten. Calculation results obtained with test levels t = 0 is smaller than t table = 14 for Khadijah Pandegiling kindergarten and t table = 52 for Putera Harapan kindergarten. The results of the decision are: Ha accepted because t < t table (0 < 14) and (0 < 52). It is proved that the ular naga game modifications can significantly improve the vocabulary mastery in group B in kindergarten. Through the proof of the ular naga game modifications can be applied to improve the vocabulary mastery in group B in kindergarten .

Keywords : ular naga game modifications, vocabulary mastery.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 509