PENGEMBANGAN PERMAINAN BOI-BOIAN MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK

  • Novia Rahmawati
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak dengan rentang usia 4-5 tahun ini dilatarbelakangi oleh kurang adanya minat dan ketertarikan dari anak untuk mengikuti kegiatan kognitif khususnya pada pengenalan bentuk geometri yang ada di sekolah mereka. Hal ini dikarenakan belum banyak inovasi yang diberikan pada setiap kegiatan yang berhubungan dengan peningkatkan kemampuan kognitif khususnya dalam pengenalan bentuk geometri. Sebagian besar kemampuan kognitif pada anak dalam hal menyebutkan bentuk geometri, menyusun bentuk geometri, dan mengelompokkan bentuk geometri masih belum banyak mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini akan mengembangkan permainan boi-boian modifikasi. Tujuan permainan ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan geometri anak usia dini kelompok A.Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development dengan rancangan one group pretest-postest design. Subyek yang digunakan peneliti menggunakan 3 TK, dengan 1 TK sebagai uji coba produk dan 2 TK sebagai uji coba lebih luas.. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs tes) dengan rumus t hitung < t tabel dengan eksperimen membandingkan efektifitas dan efesiensi sistem kerja lama dengan baru.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan kognitif khususnya dalam pengenalan bentuk geometri pada saat pre tes dan pos tes menggunakan permainan boi-boian modifikasi diperoleh nilai rata-rata hasil pre tes 10,1 1diTk Khadijah Pandigiling dan 9,15 di Tk Putera Harapan. Sedangkan rata-rata hasil pos tes 14,4 1diTk Khadijah Pandigiling dan 14, di Tk Putera Harapan. Hasil perhitungan dengan uji jenjang di Tk Khadijah Pandigiling diperoleh t hitung< t tabel (0<11) dan Tk Putera Harapan dan diperoleh t hitung< t tabel (0<46) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan boi-boian modifikasi efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK. Berdasarkan hal tersebut maka permainan boi-boian modifikasi dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam halmengenal bentuk geometri lingkaran, persegi panjang, segitiga dan persegi pada anak usia 4-5 tahun di TK

Kata kunci: permainan boi-boian modifikasi, kognitif

Abstract

Research on the first grade students of kindergarten school with age range of 4-5 years old is based on low interest from students to follow cognitive activities especially in recognizing geometrical shapes in their school. It is caused by low inovation given to every activity in relation with increasing cognitive ability especially in recognizing geometrical shapes. Therefore, most of cognitive abilities from students in stating geometrical shapes, arranging geometrical shapes and grouping geometrical shapes are stagnant. Based on fact above, this research will develop a game that is inovation from actvities to increase children’s cognitive ability in form of modificated boi-boian game. It is effective to increase cognitive ability to recognize geometric to pre-school children of the first grade students of kindergarten school.The design of this research study Research and Development with the draft one group pretest-posttest design. Subjects who used the researcher using 3 TK, with TK as trials 1 and 2 kindergarten prodak a wider trial .. observation technique used in data collection. Statistical analysis of the data using non-parametric Wilcoxon test marked level (Wilcoxon matched pairs test) with the formula t <t table with experiment comparing the effectiveness and efficiency of the new system with the old work.Based on data analysis result about cognitive ability especially in recognizing geometrical shapes pre-test and post-test by using modificated boi-boian game showed pre-test average = 10,1 in Khadijah Pandigiling and 9,15in Putera Harapan Kindergarten; with post test average = 14,4 and 14,1 in Khadijah Pandigiling and Putera Harapan Kindergarten School. From calculation by using level test in Khadijah Pandigiling and Putera Harapan Kindergarten School showed tcount < ttable (0 < 11) and showed tcount < ttable (0 < 46), therefore Ha was accepted and H0 was refused. Conclusion This study shows that the game boi-Boian modification effective in improving cognitive ability in children aged 4-5 years group A in kindergarten. With the proof of the game boi-Boian modifications can be applied to improve the cognitive abilities in geometry halmengenal circle, rectangle, triangle and square in children aged 4-5 years in kindergarten

Keywords: game boi-Boian modification, cognitive

Published
2014-06-01
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 550