PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL BANGUN – BANGUN GEOMETRI MELALUI BERMAIN BALOK PADA KELOMPOK A2 TK HANG TUAH 12

  • Popy Randa Larasanti
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Pendidikan di taman kanak- kanak meliputi beberapa pengembangan kemampuan dasar, salah satunya adalah pengembangan kemampuan dasar kognitif dalam hal mengenal bangun geometri. Berdasarkan pengamatan peneliti yang mengajar di kelompok A2 TK Hang Tuah 12, waktu pelaksanaan kegiatan belajar tentang menunjuk dan menyebut bangun – bangun geometri dengan menggunakan gambar, ternyata dari 23 anak kelompok A2 terdapat 13 anak masih mengalami kesulitan dan tidak paham dengan bangun geometri dengan baik.Anak masih kesulitan dalam menyebutkan nama bangun – bangun geometri.. Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah diatas adalah dengan menggunakan media balok. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pengenalan bangun-bangun geometri pada kelompok A2 TK Hang Tuah 12 dengan menggunakan balok.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Hang Tuah 12 yang berjumlah 23 anak, dengan rincian 16 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian adalah lembar observasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data pada siklus I pertemuan 1diperoleh hasil 58,6%, sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh hasil 65,2%. Target pencapaian dari penelitian ini adalah ≥ 80 % oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil pelaksanaan pada siklus II pertemuan I diperoleh hasil 72,2 %, sedangkan pada siklus II pertemuan II diperoleh hasil 95,8 %. Berdasarkan analisis pada siklus II maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa bermain balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun – bangun geometri pada kelompok A2 TK Hang Tuah 12.

Kata Kunci : Bangun geometri, bermain balok.

Abstract

Education in kindergarten include some basic skills development . One of them is the development of basic cognitive abilities in terms of geometry to know in kindergarten Hang Tuah 12 Surabaya particular group A. Based on the observations of researchers who teach at the kindergarten group A2 12 Hang Tuah Surabaya , the execution time learning about pointing and wake up calls - using image geometry , it turns 23 children in group A2 , 13 children still have difficulties and do not understand the geometry properly , the child is still difficult to name even wake up - when the geometry. With play block so the child easy to know geometry and to train the child creativites . The goal of this research is to determine the ability of the introduction of wake geometry in group A2 TK Hang Tuah 12 Surabaya using a block .This study used classroom action research that is designed in the form of a repeating cycle. In every cycle consists of four phases: planning, implementation, observation and reflection. The subjects were children kindergarten group A2 Hang Tuah 12 Surabaya consisting of 23 children, with details of 16 girls and 7 boys. Data collection techniques using observation, while the data analysisn using statistic descriptive.The basic of analysis the first cycle I 58,6%, while in the first cycle meeting 1I 65,2%. Target reach out for is ≥ 80 %. While the results of the implementation of the second cycle of the first meeting is72,2%, while in the second cycle teachers meeting 1I percentage activity of 95.8%. The basic of analysis the second cycle so grade to hope reach out for and this study is success. The reseacher can to conclusion play blocks can to ability to know geometry shape for group A2 TK Hang Tuah 12 Surabaya.

Key word : Geometry, playing block.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 13