PERANAN MEDIA SEMPOA DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PUTERA HARAPAN

  • Prima Cahya Ningsih
  • Siti Mahmudah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bilangan dan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Putera Harapan Gresikan Surabaya. Salah satu cara dalam mengembangkan kemampuan anak dalam membilang dan mengenal lambang bilangan yaitu dengan media sempoa. Namun, dalam keseharian media ini hanya digunakan sebagai kegiatan ekstrakulikuler bukan sebagai media permanen yang bisa digunakan setiap hari dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan stimulasi kemampuan konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan melalui media sempoa dan mendeskripsikan peranan media sempoa bagi anak usia 4-5 tahun TK Putera Harapan Gresikan Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari data reduction, data display dan conclution drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses pembelajaran terlihat bahwa 8 anak sudah mulai menunjukkan kemampuannya dalam membilang dan lambang melambangkan dengan menggunakan media sempoa. Sedangkan 2 anak yang lain masih memerlukan bimbingan dalam kemampuan konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan bilangan dan mengenal lambang bilangan anak di TK Putera Harapan Gresikan Surabaya mengalami peningkatan melalui stimulasi menggunakan media sempoa.

Kata kunci: Bilangan dan lambang bilangan, Media sempoa

Abstract  This research was based on the learning to develop numbers and number symbol ability to 4-5 years old children in Putera Harapan Gresikan kindergarten Surabaya. One of the way to developed children ability in counting and symbolizing is using abacus as the media.But, in daily activity, this media used as extracurricular only not as the permanent media which is used everyday in the daily learning. The purposes of this research is to describe the stimulating of number concept and understanding symbolof number by abacus as the media and to describe the role of abacus media to 4-5 years old children in Putera Harapan Kindergarten Gresikan Surabaya. This research used descriptive qualitative approach. The study subject was 10 children. The data collection technique used observation, interview, and documentation. The data collection technique used Miles and Huberman model in three steps consist of data reduction, data display, and conclusion/verification. Based on the research result and analysis during learning process, it is found that 8 children had begun to indicate their ability in counting and number symbol by using abacus media. Meanwhile the 2 other still need guiding in counting and number symbol ability. It is prove that the understanding of number and symbol number to children in Putera Harapan Kindergarten Gresikan Surabaya had increased by using abacus as the media.

Keywords: Numbers and number symbol, Abacus media

Published
2014-06-01
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 828