PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TINTA TIMBUL TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN KEMANGI

  • Lya Rizcy Amylia
  • Sri Setyowati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pembelajaran menggunakan media yang dapat mengembangkan kemampuan sains anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Kemangi. Terdapat 9 dari 12 anak yang masih kurang dalam kemampuan sains. Di dalam pembelajaran sains pencampuran warna di TK Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik hanya menggunakan media kertas lipat berwarna, sehingga kurang menarik perhatian anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sains. Hal ini menyebabkan banyak anak yang kurang mampu dalam memahami konsep sains tentang pencampuran warna. oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan sains anak perlu dilakukan dengan menggunakan cara yang tepat, yaitu dengan menggunakan media tinta timbul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tinta timbul terhadap kemampuan sains anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametris dengan menggunakan rumus Wilcoxon match pairs test dengan rumus Thitung < Ttabel, dimana penelitian ini dikatakan signifikan adanya pengaruh pengunaan media tinta timbul terhadap kemampuan sains anak

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pretest 62 dan posttest 131 dengan rumus uji jenjang bertanda Wilcoxon match pairs test berupa hasil Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% = 14  ( 0  < 14 ). Sehingga dapat disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media tinta timbul berpengaruh terhadap kemampuan sains anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik.

Kata kunci : kemampuan sains anak, media tinta timbul.


Abstract

This research was motivated by the lack of learning with media to develop the ability of science in kindergarten children in group A Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik. Where there are 12 children 9 dari still lacking in the ability of science. In learning science in kindergarten color mixing is just using colored construction paper media, making it less attractive to follow the child's attention to science learning activities. Therefore, the ability of science to develop the child needs to be done by using a proper manner, ie by using the ink media arise. The purpose of this study was to determine the effect of media use have on the ability of science ink children in kindergarten group A Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik.

This research uses a pre-experimental research design with the design of a one-group pretest-posttest desaign. The subject of this research were 12 children. Data collection techniques used were observation and documentation. Analysis using non-parametric statistics using the Wilcoxon matched pairs test formula with the formula of Tcount<Ttable, where the study was said to be significant because of the influence of two variables if Tcount <Ttable

Based on the results obtained in the form of pretest 62 and posttest 131 scores with the test formula Wilcoxon matched pairs marked level test results in the form of T = 0 is smaller than ttable with significance level of 5% = 14 (0 <14). Thus the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. It shows that the use of the media raised ink effect on the ability of a group of kindergarten kids science Dharma Wanita Persatuan Kemangi Gresik.

Keyword : Ability of child science, inking media arise.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 38