MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE KARYAWISATA PADA KELOMPOK BERMAIN NURUL HUDA SURABAYA

  • Yulia Listiawati
  • Sri Setyowati

Abstract

Usia dini merupakan masa emas untuk perkembangan anak, untuk itu diperlukan stimulasi dan pembinaan yang tepat agar potensi anak dapat berkembang secara optimal. Berdasarkan observasi awal yang telah dilaksanakan peneliti, ditemukan bahwa dari 28 anak terdapat 22 anak yang menunjukkan kemampuan berbahasanya kurang baik. Untuk itu metode karyawisata merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Nurul Huda Surabaya berjumlah 28 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 18 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode karyawisata pada siklus I diperoleh data 65.56%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak yang ditentukan 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui metode karyawisata mencapai 85,72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di Kelompok Bermain Nurul Huda Surabaya.

Kata kunci : Kemampuan berbahasa anak, Metode karya wisata.

 

Abstract

Early age are the gold age for children to make a progress to become more mature. To become like that, need the right stimulation and counseling to make children potential can grow optimally. From the early observation that have been done by the researcher, it was found that from 28 children, there are 22 chlidren that have lack of speaking. The purpose of this research is to descriptive in crase children ability to speaking through field trip method. This reseach using class action method that have been design into a repeated cyle. Each cyles consist of 4 steps, planning, take action, observation and reflection. Subject of this research are children at Nurul Huda playgroup surabaya that that consist of 28 children. 10 boys and 18 girls. The colleting data techninque re using observation and documentation, while the analys data are using statiatic descriptive. Based on the analys result from the increrasing of children ability to speak through field trip method from the first cyle are 5,5. This shows that this research still not complete yet, so we continue it to the second cycle’s. we got the result up to 85,725. Based on the result, we can conclude that through field trip method, children can increase their ability of speaking, especialy children at Nurul huda children’s playgroup Surabaya.

Keyword : Children ability to speak, field trip method

Published
2014-11-01
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 934