MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP UKURAN MELALUI PERMAINAN LEGO PADA KELOMPOK A KB/TK IT WILDANI

  • Yuyun Indahwatie
  • Zainul Aminin

Abstract

Latar belakang permasalahan yang ada dilapangan menunjukkan bahwa anak KB/TKIT Wildani Surabaya khususnya kelompok A dalam kemampuan kognitif sangat kurang, terlihat hanya sekitar 25% atau 15 anak belum mampu membedakan panjang pendek dan tebal tipis. Hal ini terlihat pada kegiatan bermain balok. Selama ini media yang digunakan adalah balok kayu tanpa warna dengan ketebalan kayu yang sama. Permasalahan tersebut perlu dicarikan jalan keluarnya, mengingat kemampuan mengenal konsep membedakan ukuran ini merupakan dasar dari pengembangan kognitif anak selanjutnya. Sehingga peneliti mencoba memberi solusi berupa media yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan lego. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep ukuran melalui permainan lego. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas(PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak KB/TKIT Wildani Surabaya sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil kemampuan kognitif anak melalui permainan lego sebesar 60%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria target tingkat pencapaian perkembangan anak sebesar 80%, sehingga penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penggunakan lego dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A KB/TKIT Wildani Surabaya.

Kata Kunci : kemampuan kognitif, mengenal ukuran, permainan lego

Abstract

The background of the problem that happen in field show that children at TK IT Wildani Surabaya especially group a in cognitif ability are very low. Only 25% it means 15 children that not capable knowing shape. Children have to face in a situation and conkrit, especially at lego game one of it, differentiate shape based on length and short, knowing shape by thick and thin. Such problem needs to be found its way out immediately in which the knowing shape by thick and thin skills are basic development of children’s further cognitive. So the writer attempts to give solution for more effective media such as by using lego. The purpose of this research is to describe teacher activity and describe children activity to describe their improvement of children cognitif about knowing shape through lego game at group A KB/TK IT Wildani Surabaya. This research are using class action method in repeated cycle. Each cycle consist of 4 steps, they are : planning, action, observation, and, reflection.Subjects of this research are 20 children of KB/TKIT Wildani Surabaya. Data collecting technique in this research is observation and the data analysis is using descriptive statistic.  From the analysis of the data increased ability tocognitive to the child in the first cycle of data obtained by the observation of the child cognitive skills is 60%. This study showed classaction has not been successful because the target criteria action spesified for about 80%,this study continutes on the second cycle. In the second cycle the data obtained on the observation of the child cognitive skills is 85%. So it shall be drawn conclusion that lego use can improve children’s cognitive skills at group A KB/TKIT Wildani Surabaya.

Keyword: cognitif ability, knowing shape, lego game      Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konse

Published
2014-11-01
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 152