PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AMONG PUTRA SURABAYA

  • SRI ASTUTIK

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan ketrampilan anak. Salah satunya adalah kemampuan perbendaharaan kosakata yang mana anak TK A masih mengalami kesulitan, ini terlihat dari percakapan sehari – hari anak di sekolah. Di sisi lain rasa kurang percaya diri, gugup, dan takut senantiasa menyertai diri anak pada saat pelajaran berlangsung. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata anak.Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan perberndaharan kosakata anak. Pada siklus I sebesar 66,7%, pada siklus II hasil yang dicapai 86,7%. Perilaku anak pun berubah setelah diberi tindakan, anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta percaya diri bila maju ke depan kelas pada saat kegiatan bernyanyi. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata anak kelompok A di TK Among Putra Surabaya.

Kata kunci : Metode bernyanyi, kosakata.

Abstract

Young learner education is an effort to stimulate, guide, nurture, and give a learning activity to children which can make them become skillful children. One problem exists at group A of TK Among Putra is the children still get difficulties in their vocabularies list. It can be proven from their daily communication in the school. Moreover, the children are always less confident, nervous, and afraid when they are in the learning process. An alternative solution must be given to solve this problem. The purpose of this research is to describe the use of singing method to increase children’s vocabularies list.Based on the data analysis and discussion, it can be concluded that singing method can increase children’s vocabularies list. The result in the first cycle is 66.7% and it becomes 86.7% in the second cycle. Children’s attitude is also changed after they were given treatment. The children are happier, more enthusiastic, and more confident to perform in front of the classroom than before. This findings show that singing method can increase group A children’s vocabularies lists at TK Among Putra Surabaya.

Keywords : singing method, vocabularies

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 284