PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MELATIHKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan yang layak secara teoritis dan empiris, serta mendeskripsikan kelayakan teoritis media berdasarkan hasil penilaian dosen validator, dan mendeskripsikan kelayakan empiris media berdasarkan hasil pengamatan sikap sosial siswa dan hasil respon siswa terhadap media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada metode Research&Development (R&D). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H dengan jumlah 16 siswa yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan monopoli layak secara teoritis dengan hasil sebesar 97,20%. Secara empiris berdasarkan hasil observasi sikap sosial siswa pada pertemuan pertama mendapat rata-rata nilai sebesar 3,59 dengan kategori sangat baik, dan hasil observasi sikap sosial pada pertemuan kedua mendapat rata-rata nilai sebesar 3,93 dengan kategori sangat baik dan berdasarkan hasil respon siswa didapatkan persentase sebesar 83,92% dengan kategori sangat layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA serta untuk melatihkan sikap sosial siswa.
Kata Kunci: media permainan monopoli, sikap sosial sistem gerak manusia
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

