Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains, hasil belajar siswa, dan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran 7E dalam IPA Terpadu tema Energi Biomassa di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimen Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krian Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah data berupa hasil pre test dan post test keterampilan proses sains dan hasil belajar, data observasi keterampilan proses sains dan angket respon siswa. Sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan menunjukkan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran 7E terjadi peningkatan tinggi yang signifikan sebesar 0,73 tetapi belum tercapai ketuntasan secara klasikal. Sedangkan hasil belajar terjadi peningkatan 0,74 dan sudah tercapai dengan presentase ketuntasan 97%. Pengujian hipotesis terhadap hasil belajar siswa dengan uji-t satu pihak dan dua pihak diperoleh thitung > ttabel. Model pembelajaran 7E mendapat respon yang positif dari siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran 7E dalam IPA Terpadu tema Energi Biomassa dapat meningkatkan keterampilan prose sains dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Learning Cycle 7E, IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, Energi Biomassa.
Abstract
This research intent to describe performed learning, skill step-up processes science, students learned result, and student response by use of learning model 7E in intregated sciences theme Biomassa's energy class VIII SMP. This research constitute True Experiment Design. This observational population is all class VIII SMPN 2 Krian Sidoarjo school years 2013 / 2014 ones consisting of 8 classes. Sample that is utilized in this research is class VIII-E as class of experiment and class VIII-F as class of control. Data on observational it is data as yielding as pre-test and post-test skill processes science and studying result, skill observation data processes science and student response questionnaire. Sample gets normal distribution and homogeneous. Result arithmeticing to point out science process skill chastened student with learning model 7E tall increasing h appening signifikan's one as big as 0,73 but was reached klasikal's ala thoroughness. Meanwhile studying result happens step-up 0,74 and were reached by presentase thoroughness 97 %. Hypthosts Testings to usufruct student studying by tests t one parties and two party be gotten thitung> t tabel. It points out that learning model 7E in integrated sciences theme Biomassa's energy can increase prose's skill science and student studying result. Learning model 7E getting positive response of student.
Keyword: Learning 7E, Integrated Sciences, skill processes science, learned result, Biomassa's energy.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

