PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI BERBASIS KOMUNITAS (Studi Pada Bank Sampah Pitoe Kelurahan Jambangan, Surabaya)

  • SYIFAUL MUHASH SHONAH

Abstract

ABSTRAK

 

Pengelolaan sampah mandiri berbasis komunitas merupakan usaha yang dilakukan oleh pemerintah Kota Surabaya untuk mengurangi timbunan sampah yang bertambah setiap harinya. Pengelolaan sampah secara mandiri ini mengutamakan peran komunitas melalui wadah bank sampah untuk mampu mengelola sampah yang dihasilkan dalam skala terkecil, yaitu rumah tangga. Pengelolaan sampah ini antara lain dilakukan melalui pemilahan dan penjualan sampah dari warga atau nasabah yang masih bisa dijual kembali kepada pengepul dan akan masuk pada tabungan masing-masing nasabah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan masyarakat yang terjadi melalui pengelolaan sampah mandiri berbasis komunitas pada bank sampah pitoe kelurahan Jambangan, Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan metode yang digunakan adalah Kualitatif. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah Lurah Jambangan, Sekertaris Kelurahan Jambangan, Manajer Bank Sampah Pitoe dan juga nasabah dari bank sampah pitoe. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang terjadi melalui pengelolaan sampah mandiri berbasis komunitas sudah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa kekurangan yang terjadi karena faktor manusia. Antara lain disebabkan karena kurangnya dukungan dan fasilitasi oleh instansi terhadap pengelolaan bank sampah secara khusus. Oleh karena itu, perlu diadakan evaluasi dan monitoring lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas dari pengelolaan sampah mandiri berbasis komunitas ini sendiri.

Kata kunci: Proses Pemberdayaan Masyarakat, Sampah, Pengelolaan, Komunitas

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 559