EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGENDALIAN MASSA DI KEPOLISIAN RESOR (POLRES) TUBAN

  • AYU RAHMAWATI CIPTONINGTYAS

Abstract

ABSTRAK

            Berbagai fenomena aksi massa yang kerap terjadi di Indonesia mengisyaratkan bahwa peran Kepolisian dalam melindungi dan menjaga stabilitas keamanan sangat kurang. Hal tersebut dibuktikan saat terjadi unjuk rasa di berbagai kota besar dan daerah di Indonesia tidak terkecuali Jawa Timur (Jatim). Polres Tuban yang berada dibawah Kepolisian Daerah (Polda) Jatim menjadi salah satu pihak yang pernah menjadi penanggungjawab kerusuhan politik massa pada tahun 2006 silam. Belajar dari kejadian tersebut, pihak kepolisian melaksanakan pelatihan pengendalian massa sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana efektivitas pelatihan pengendalian massa di Polres Tuban.

Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 60 anggota Dalmas dan sampelnya 52 responden. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berasal dari sumber data primer  melalui kuesioner dan observasi nonparticipant dan sumber data sekunder yaitu diperoleh dari literature serta arsip-arsip milik Polres Tuban. Teknik analisi data yang digunakan melalui pengolahan data yang terdiri dari editing, coding, dan scoring. Selanjutnya dilakukan pengorganisasian data dengan cara menghitung jumlah skor item kuesioner, membuat kelas interval serta menghitung skor jawaban dari responden. Hasil dari seluruh penghitungan berupa prosentase angka yang nantinya dinyatakan efektivitasnya berdasarkan kelas interval, kemudian dideskripsikan.

            Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil tiap dimensi pengukuran efektivitas masing-masing ialah dimensi reaksi dan belajar termasuk pada kategori sangat efektif dengan mencapai prosentase 84,32% dan 83,33%. Dimensi perilaku dan hasil termasuk pada kategori efektif dengan mencapai prosentase 77,31% dan 75%. Dari keempat dimensi tersebut, dimensi reaksi yang sangat berperan besar dalam pelaksanaan pelatihan karena mencapai skor tertinggi. Secara keseluruhan, pelatihan pengendalian massa di Polres Tuban dikategorikan sangat efektif dengan prosentase 82,94%. Hasil tersebut diperkuat dengan prestasi yang diraih oleh anggota Dalmas saat lomba Dalmas di Polda Jatim pada 2012 lalu dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-66. Selain itu, kinerja Dalmas di lapangan juga baik terbukti Dalmas Polres Tuban dapat meredam aksi massa yang sempat ricuh pada November 2012 di Kantor Pemerintah Kabupaten Tuban.

 

Kata kunci: Efektivitas, Pelatihan Pengendalian Massa

 

Published
2013-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 112