STUDI MANAJEMEN MUTU PADA PERUSAHAAN BETON SIAP PAKAI (READY MIX) DI PT. MERAK JAYA BETON, JL. RAYA MASTRIP NO. 5 KECAMATAN KARANG PILANG KOTA SURABAYA

  • HENDRAWAN BUDIONO

Abstract

Dewasa ini usaha jasa perusahaan ready mix concrete semakin berkembang di wilayah Surabaya ataupun sekitarnya. Mutu sudah menjadi keharusan untuk digunakan sebagai senjata utama dalam memenangkan persaingan yang sehat antar perusahaan ready mix concrete.

Oleh karena itu perusahaan berusaha memenangkan persaingan dengan meningkatkan mutu produk atau jasa, sehingga dapat memberikan kepuasan pelanggan dan mendapatkan profit yang lebih untuk perkembangan perusahaan serta mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi, misalnya kegagalan proses produksi yang akan berpengaruh kepada mutu produk, keterlambatan material yang akan menyebabkan keterlambatan produksi, keterlambatan pengiriman beton ke konsumen yang akan menyebabkan tertundanya pengecoran di proyek dan lain sebagainya maka perusahaan perlu membuat dan menerapkan sistem manajemen mutu kedalam bentuk manual book, isi didalamnya antaran lain adalah rencana mutu, prosedur mutu, intruksi kerja dan catatan mutu yang dapat menjamin produk sesuai dengan persyaratan yang telah di tentukan oleh konsumen atau ketentuan mutu produk yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penelitian dalam skripsi ini dimaksudkan untuk mempelajari dan mengevaluasi penerapan sistem manajemen mutu pada perusahaan readymix concrete PT Merak Jaya Beton ditinjau dari pengamatan langsung di lapangan, wawancara, buku panduan pekerjaan perusahaan (manual book) yang di padukan dengan literatur-literatur mengenai sistem manajemen mutu yang ada untuk mengetahui apakah sistem yang berjalan saat ini sesuai dengan aturan standar yang berlaku.

Kata kunci : Studi, Manajemen Mutu, Perusahaan Beton, Ready Mix.

The current service business of ready mix concrete company is growing in Surabaya or surrounding areas. Quality has become imperative to use as a primary weapon in winning fair competition among companies of ready mix concrete.

Therefore, companies are trying to win the competition by improving the quality of products or services, so as to provide customer satisfaction and gain more profit for the company as well as prevent the development of bad possibilities that will happen, for example, the failure of the production process that will affect the quality of the product, material delays which will cause production delays, delays in delivery of concrete to the consumer which will cause a delay in casting in the project and so the company needs to create and implement a quality management system in the form of manual book, the contents therein other conduction is quality plan, quality procedures, work instructions and records which can guarantee the quality of products according to the requirements specified by the customer or the provision of quality products made by the company itself.

Based on the above, the research in this essay is intended to study and evaluate the implementation of quality management systems in the company of PT Merak Jaya Beton Readymix concrete in terms of direct observation, interviews, job guide book company (manual book) are in the mix with literature-literature on existing quality management system to determine whether the current system is in accordance with the rules applicable standards.

Keywords : Study, Quality Management, Concrete Company, Ready Mix.

Published
2014-05-23
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 156