KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

(STUDI KASUS PADA PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN DESA WISATA AGRO EDUKASI DEWI KEMANG DI DESA KEDUNGMALANG, KECAMATAN PAPAR, KABUPATEN KEDIRI)

  • Mira Anggie Trisnawati UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses komunikasi pemberdayaan dalam program pembangunan Desa Wisata Agro Edukasi Dewi Kemang melalui program usulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang kemudian direalisasikan di Desa Kedungmalang. Melalui program kegiatan pembangunan Desa Wisata ini bertujuan agar program pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Wisata dan pemanfaatan pengelolaan potensi daerah bisa terealisasikan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara langsung kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan pembangunan Desa Wisata seperti Kepala Desa Kedungmalang, Ketua Agro Edukasi Dewi Kemang, Perwakilan Karang Taruna, Pertanian, PKL juga Pelaku UMKM, dan Pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat desa melalui program pembangunan Desa Wisata Agro Edukasi Dewi Kemang dalam melakukan komunikasinya adalah sebagai berikut: (1) Penyampaian informasi dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kepada perwakilan pihak-pihak terkait; (2) Melakukan pendekatan langsung ke masyarakat melalui kegiatan musyawarah. Kata Kunci : Pemberdayaan, Desa Wisata, Agro Edukasi, Studi Kasus.
Published
2021-07-06
How to Cite
Trisnawati, M. (2021). KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA. The Commercium, 4(01), 194-205. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41198
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 269