KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
(STUDI KASUS PADA PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN DESA WISATA AGRO EDUKASI DEWI KEMANG DI DESA KEDUNGMALANG, KECAMATAN PAPAR, KABUPATEN KEDIRI)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v4i1.41198Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses komunikasi pemberdayaan dalam program pembangunan Desa Wisata Agro Edukasi Dewi Kemang melalui program usulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang kemudian direalisasikan di Desa Kedungmalang. Melalui program kegiatan pembangunan Desa Wisata ini bertujuan agar program pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Wisata dan pemanfaatan pengelolaan potensi daerah bisa terealisasikan secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara langsung kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan pembangunan Desa Wisata seperti Kepala Desa Kedungmalang, Ketua Agro Edukasi Dewi Kemang, Perwakilan Karang Taruna, Pertanian, PKL juga Pelaku UMKM, dan Pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat desa melalui program pembangunan Desa Wisata Agro Edukasi Dewi Kemang dalam melakukan komunikasinya adalah sebagai berikut: (1) Penyampaian informasi dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kepada perwakilan pihak-pihak terkait; (2) Melakukan pendekatan langsung ke masyarakat melalui kegiatan musyawarah. Kata Kunci : Pemberdayaan, Desa Wisata, Agro Edukasi, Studi Kasus.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2021-07-06
Cara Mengutip
Trisnawati, M. A. (2021). KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA: (STUDI KASUS PADA PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN DESA WISATA AGRO EDUKASI DEWI KEMANG DI DESA KEDUNGMALANG, KECAMATAN PAPAR, KABUPATEN KEDIRI). The Commercium, 4(1), 194–205. https://doi.org/10.26740/tc.v4i1.41198
Terbitan
Bagian
Artikel Ilmiah IKOM

