STRATEGI PEMASARAN SOSIAL BERBASIS BUDAYA (STUDI PADA FESTIVAL KRESNAYANA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BLITAR)

Authors

  • Stella Salsabilla Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.54977

Keywords:

strategi pemasaran sosial, budaya, Festival Kresnayana, pariwisata, Kabupaten Blitar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran sosial berbasis budaya dalam Festival Kresnayana sebagai upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar. Festival Kresnayana adalah agenda tahunan dengan potensi besar untuk meningkatkan minat wisatawan dan kesadaran akan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan informan, diantaranya Kabid Pemasaran, staf kebudayaan, dan Gusjeng.  Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran sosial berbasis budaya pada Festival Kresnayana memberikan dampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar. Strategi yang efektif melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, dinas pariwisata, dan komunitas. Beberapa strategi yang diterapkan meliputi penggunaan media sosial, kolaborasi dengan influencer, dan pengembangan wisata berbasis budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cheng, H., Kotler, P., & Lee, N. R. (2011). Social marketing for public

dan Irawan, B. S. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

dan Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Ismayanti, I. (2010). Pengantar pariwisata. PT Gramedia Widisarana.

Muhajirin, M., & Maya, P. (2017). Pendekatan praktis: metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Nyoman, S. P. (2002). Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Adi, S. W., & Saputro, E. P. (2017). Potensi daya tarik wisata sejarah budaya.

Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho,

I. N. (2023). Manajemen Event Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ponorogo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1).

Foad, Z. Y., Fazel, H. E., & Amin, E. (2014). Promoting Tourism

Gaffar, V., Wetprasit, H. P., & Setiyorini, D. (2011). Comparative study of tourist characteristics on cultural heritage tourism sites: survey on tourist in Indonesia and Thailand heritage sites. Journal of Tourism, Hospitality &

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Salsabilla, S. (2023). STRATEGI PEMASARAN SOSIAL BERBASIS BUDAYA (STUDI PADA FESTIVAL KRESNAYANA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BLITAR). The Commercium, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.54977
Abstract views: 218 , PDF Downloads: 375