STRATEGI PEMASARAN SOSIAL BERBASIS BUDAYA (STUDI PADA FESTIVAL KRESNAYANA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BLITAR)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.54977Kata Kunci:
strategi pemasaran sosial, budaya, Festival Kresnayana, pariwisata, Kabupaten Blitar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran sosial berbasis budaya dalam Festival Kresnayana sebagai upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar. Festival Kresnayana adalah agenda tahunan dengan potensi besar untuk meningkatkan minat wisatawan dan kesadaran akan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan informan, diantaranya Kabid Pemasaran, staf kebudayaan, dan Gusjeng. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran sosial berbasis budaya pada Festival Kresnayana memberikan dampak positif terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar. Strategi yang efektif melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, dinas pariwisata, dan komunitas. Beberapa strategi yang diterapkan meliputi penggunaan media sosial, kolaborasi dengan influencer, dan pengembangan wisata berbasis budaya.
Unduhan
Referensi
Cheng, H., Kotler, P., & Lee, N. R. (2011). Social marketing for public
dan Irawan, B. S. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
dan Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Ismayanti, I. (2010). Pengantar pariwisata. PT Gramedia Widisarana.
Muhajirin, M., & Maya, P. (2017). Pendekatan praktis: metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Nyoman, S. P. (2002). Ilmu Pariwisata. Jakarta: PT Pradnya Paramita.
Adi, S. W., & Saputro, E. P. (2017). Potensi daya tarik wisata sejarah budaya.
Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho,
I. N. (2023). Manajemen Event Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ponorogo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1).
Foad, Z. Y., Fazel, H. E., & Amin, E. (2014). Promoting Tourism
Gaffar, V., Wetprasit, H. P., & Setiyorini, D. (2011). Comparative study of tourist characteristics on cultural heritage tourism sites: survey on tourist in Indonesia and Thailand heritage sites. Journal of Tourism, Hospitality &
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

