IMPLEMENTASI CSR PT. ANGKASA PURA I BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DITENGAH PANDEMI COVID-19 MELALUI PROGRAM UMKM WANI
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.49316Abstract
Abstrak Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia memunculkan beberapa permasalahan salah satunya dalam bidang ekonomi. CSR sebagai salah satu kewajiban perusahaan memiliki andil dalam mengatasi permasalahan ekonomi karena pandemi ini. Begitu pula yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda melakukan perancangan program CSR menyesuaikan kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan CSR Angkasa Pura Juanda sebagai bentuk upayanya dalam membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat ditengah pandemi COVID-19. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada enam informan yaitu dua staff CSR PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda dan empat mitra binaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya program UMKM Wani dilaksanakan dalam bentuk penyaluran dana, pelatihan, promosi, pemagangan, sertifikasi naik kelas dan stimulus. Program tersebut memiliki manfaat bagi UMKM Binaan. Karena hal tersebut timbul kepercayaan mitra binaan kepada perusahaan sehingga setiap program dilaksanakan selalu terdapat UMKM yang menjadi mitra perusahaan karena rekomendasi mitra binaan lama. Hal ini berpengaruh terhadap image baik perusahaan yang timbul karena kepercayaan dari mitra binaan.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Qibtiyah, M. (2022). IMPLEMENTASI CSR PT. ANGKASA PURA I BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DITENGAH PANDEMI COVID-19 MELALUI PROGRAM UMKM WANI. The Commercium, 6(1), 48–58. https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.49316
Issue
Section
Artikel Ilmiah IKOM

