PENGARUH E-DESIGN & E-REVIEW BRAND ROUGHNECK 1991 TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE

PENGARUH E-DESIGN & E-REVIEW BRAND ROUGHNECK 1991 TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Christofer Nugroho Santoso Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.53545

Keywords:

E-design, E-review, Online impulse buying, E-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-design & e-review terhadap online impulse buying pada e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus-Organism-Response (SOR) sebagai landasan utama dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner online melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-design berpengaruh positif terhadap terjadinya perilaku online impulse buying brand Roughneck 1991 melalui e-commerce Shopee. Sedangkan melalui e-review, e-design tidak berpengaruh positif terhadap terjadinya perilaku online impulse buying brand Roughneck 1991 melalui e-commerce Shopee. Melalui hasil analisis peneliti juga diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh mediasi dari variabel e-review. Hasil penelitian menunjukan mengenai pentingnya sebuah desain produk. Saat desain sebuah produk meningkat, maka perilaku online impulse buying pada konsumen juga akan mengalami peningkatan. Sebaliknya ketika desain produk mengalami penurunan, maka perilaku online impulse buying pada konsumen juga akan menurun. Hasil penelitian juga menunjukan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya online impulse buying, melalui hasil penelitian diketahui bahwa diskon dan harga spesial dapat mempengaruhi terjadinya perilaku online impulse buying brand Roughneck 1991 pada e-commerce Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Santoso, C. N. (2023). PENGARUH E-DESIGN & E-REVIEW BRAND ROUGHNECK 1991 TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE: PENGARUH E-DESIGN & E-REVIEW BRAND ROUGHNECK 1991 TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE. The Commercium, 6(3), 202–212. https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.53545
Abstract views: 314 , PDF Downloads: 326