STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK LOCHATARA SEBAGAI PRODUK LOKAL KEDIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55134Keywords:
strategi komunikasi pemasaran, batik lokal, penjualanAbstract
Batik lokal menjadi salah satu kontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi. Keunikan motif pada batik local merepresentasikan identitas budaya Indonesia, seperti Batik Lochatara yang konsisten mengangkat motif bertema kebudayaan dan kekayaan alam daerah Kediri. Namun, Batik Lochatara membutuhkan strategi agar bertahan ditengah persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Batik Lochatara sebagai produk lokal Kediri dalam upaya meningkatkan penjualan. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Batik Lochatara memproduksi batik terjangkau namun berkualitas tinggi dengan ciri khas motif Kediri. Strategi promosi yaitu mengikuti berbagai pameran, publikasi melalui media massa, memiliki brand ambassador, promosi secara mulut ke mulut, mengikuti perlombaan, dan melakukan support dan sponsorhip event. Terdapat galeri batik sebagai wisata dan edukasi dengan museum purbakala, perpustakaan buku batik, dan Lochatara farm.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

