KONSEP DIRI DAN SELF ACCEPTANCE PADA PEREMPUAN

(Studi Fenomenologi Pada Kampanye #ImPerfectBeauty by Elsheskin)

Authors

  • Nur Ainia Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55703

Keywords:

konsep diri, self acceptance, kampanye #ImPerfectBeauty

Abstract

Adanya perkembangan teknologi membuat banyak orang menggunakan media sosial seperti contohnya
instagram. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan kampanye #ImPerfectBeauty dimana kampanye ini
menyalurkan pemikiran-pemikiran perempuan mengenai kecantikan. Maraknya beauty standard yang memberikan
pandangan bahwa perempuan cantik ialah orang yang putih, tinggi dan langsing akhirnya membuat beberapa orang
yang tidak sesuai dengan standard itu merasa tidak percaya diri. Melalui kampanye #ImPerfectBeauty perempuanperempuan ini dapat menyalurkan pemikiran bahwa setiap perempuan memiliki keunikannya masing-masing. Pada
penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri yang dimiliki pada perempuan yang
mengikuti kampanye #ImPerfectBeauty. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan
paradigma interpretative. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan dan observasi tak langsung.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa perempuan yang mengikuti kampanye #ImPerfectBeauty
memiliki konsep diri yang positif yang dipengaruhi oleh significant other dan referemce group serta memiliki rasa
penerimaan diri akan kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya dengan adanya ingin meningkatkan skill yang
dimilikinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Ainia, N., & Sukardani, P. S. (2023). KONSEP DIRI DAN SELF ACCEPTANCE PADA PEREMPUAN: (Studi Fenomenologi Pada Kampanye #ImPerfectBeauty by Elsheskin). The Commercium, 7(2), 17–27. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55703
Abstract views: 125 , PDF Downloads: 386