ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN APLIKASI FLIP.ID VERSI HEMAT JADI GAMPANG DENGAN PERSPEKTIF CHARLES SANDERS PEIRCE

Authors

  • Dwi Sulistyawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.63561

Keywords:

Charles Sanders Peirce's Semiotics, Advertisement, Finance, Female Domination

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor dalam perkembangan komunikasi dimulai dari zaman era tulisan hingga kini telah sampai pada era komunikasi interaktif. Dalam sebuah proses komunikasi terdapat tanda-tanda yang bisa dimaknai dengan menggunakan semiotika. Seseorang bisa menyusun tanda-tanda tersebut menjadi suatu rangkaian yang menarik untuk mencapai suatu tujuan, salah satu rangkaian tersebut adalah iklan. Selain untuk memasarkan barang dan jasa dari sebuah perusahaan, iklan juga dibuat untuk menyampaikan suatu pesan kepada para calon konsumen. Flip melalui iklannya yang bertema Hemat Jadi Gampang mengisahkan tentang seorang perempuan dengan berbagai aktivitas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna apa yang terkandung dalam video iklan aplikasi Flip versi Hemat Jadi Gampang. Pengumpulan data diperolah melalui proses dokumentasi dan juga studi literatur. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari sign, object, dan interpretant yang ditemukan terdapat makna yang menunjukkan bahwa dalam suatu rumah tangga, perempuan lebih dominan dalam hal pengelolaan keuangan keluarga. Hal tersebut dikarenakan tingkat literasi dan inklusi keuangan perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Sulistyawati, D. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN APLIKASI FLIP.ID VERSI HEMAT JADI GAMPANG DENGAN PERSPEKTIF CHARLES SANDERS PEIRCE. The Commercium, 9(1), 21–29. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.63561
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 58