PENGARUH INSTAGRAM REELS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU FASHION THRIFT STUDI PADA FOLLOWERS @CASTLEHOOPS
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64424Keywords:
media sosial, Instagram Reels, Terpaan media, Keputusan pembelian , Produk thriftAbstract
Media sosial, terutama Instagram, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan
sehari-hari dan memengaruhi proses keputusan konsumen. Instagram Reels, sebagai
fitur unggulan, memberikan peluang bagi merek untuk mempromosikan produk secara
kreatif dan menarik melalui konten video pendek yang mudah diakses. Penelitian ini
mengkaji pengaruh terpaan media Instagram Reels pada akun @castlehoops terhadap
keputusan pembelian produk thrift, seperti sepatu bekas. Pendekatan penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan survei yang dilakukan melalui kuesioner yang
diberikan kepada pengikut aktif akun tersebut. Temuan menunjukkan bahwa eksposur
terhadap media Instagram Reels secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian
konsumen. Tingkat frekuensi dan atensi terhadap konten Instagram Reels berperan
signifikan dalam meningkatkan daya ingat merek dan mempengaruhi keputusan
pembelian. Pengujian regresi dan hipotesis mendukung adanya korelasi positif antara
terpaan media dan keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi
pemasaran melalui Instagram Reels dapat lebih efektif jika fokus pada peningkatan
keterlibatan konten untuk memaksimalkan dampak terhadap konsumen. .
Downloads
References
Ardianto, E. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. In Anggraeni, R., & Tabitha Deborah (Eds.), Media Exposure and Consumer Behavior. Penerbit Komunikasi.
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of computer‐mediated Communication, 13(1), 210-230.
Deborah, T., & Anggraeni, D. (2022). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Minat Berkunjung pada Sial Interfood Expo Jakarta 2022. Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(2), 92-110.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (Edisi ke-9). Penerbit Universitas Diponegoro.
Hootsuite & We Are Social. (2023). Digital 2023: Indonesia. Retrieved from https://www.hootsuite.com
Instagram Business. (2023). Instagram user engagement statistics. Retrieved from https://business.instagram.com
Kohli, C., Suri, R., & Kapoor, A. (2014). Will social media kill branding? Business Horizons, 57(1), 9-16.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management (12th ed.). Pearson Prentice Hall.
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Phua, J., Lin, J. S., & Lim, D. J. (2018). Social media influencers and the followers’ purchase intentions: The role of social media engagement in Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 41, 316-323.
Shareef, M. A., Mukerji, B., Alryalat, M. A. A., Wright, A., & Dwivedi, Y. K. (2019). Advertisements on Facebook: Identifying the persuasive elements in creating positive attitudes in consumers. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 322-330.
Statista. (2023). Number of social media users worldwide from 2017 to 2027. Retrieved from https://www.statista.com
Shareef, M. A., Mukerji, B., Alryalat, M. A. A., Wright, A., & Dwivedi, Y. K. (2019). Advertisements on Facebook: Identifying the persuasive elements in the development of positive attitudes in consumers. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 322-330.
Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan fitur reels instragram pada pembelajaran membaca puisi guna mendukung gerakan merdeka belajar di sekolah menengah. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 10-19).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

