Strategi Komunikasi Publik dan Statistik Melalui Penggunaan Platform Instagram @Surabaya (Studi Kasus pada Dinkominfo Kota Surabaya)

Authors

  • Dyah Ayu Asrining Puri Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64924

Keywords:

Komunikasi Publik, Statistik, Dinkominfo Kota Surabaya, Sosial Media Instagram

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi public dan statistic dari Dinkominfo Kota Surabaya dalam penggunaan
platform Instagram @surabaya. Hal ini sebagai bentuk pembentukan citra pemerintah yang tidak terkesan kaku dan
birokratis saat melakukan penyampaian informasi dan komunikasi melalui platform berupa sosial media Instagram.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data didapatkan dari
hasil wawancara mendalam kepada beberapa informan yang sesuai dengan kriteria hasil dari penelitian ini dengan
menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik dan statistik yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika
Kota Surabaya sebagai humas pemerintah Kota Surabaya melalui platform media sosial Instagram @surabaya bertujuan
untuk sebagai bentuk kanal pelayanan informasi kepada masyarakat dalam media sosial. Pengolahan informasi pada
media sosial khususnya Instagram ini melakukan berbagai upaya komunikasi untuk menjadi wajah dari Kota Surabaya
dengan menggunakan elemen konsep (who, say what, in which channel, to whom, dan with what effect). Konten dalam
kanal Instagram @surabaya dirangkai khusus oleh bidang Informasi dan Kommunikasi Publik serta Statistik yang
menjadi bentuk citra positif yang dapat menumbuhkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat sehingga membantu kerja
pemerintah untuk dapat membangun Kota Surabaya menjadi lebih maju. Meningkatnya kepercayaan masyarakat melalui
akun Instagram @surabaya terlihat pada naiknya pengikut dan antusias publik pada postingan aktivitas yang dilakukan
oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandasari, V. K. P. (2022). Strategi Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dalam Membangun Citra Organisasi. The Commercium, 5(3), 207–215.

Anggarda, A. A. (2020). Peran Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Membangun Citra Bangga Surabaya. Governance: Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v10i1.55

Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105–120.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dinkominfo Surabaya. (2022). Laporan Tahunan Dinkominfo Kota Surabaya. Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya.

Hendarsin, A. M. C. A., & Putri, G. S. (2021). The Surabaya City Government’s Crisis Communication Strategy Through “Bangga Surabaya” Media. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, 4(1), 64–76.

Hermawan, E. (2020). Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations. JMK: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2), 140–154. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1028

Indah, T. (2018). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik oleh Dinas Kominfo Pemerintahan Kota Tasikmalaya. Universitas Islam Indonesia.

Indrajayani, G. G., & Mutiah. (2019). Digital Campaign Humas Pemerintah Kota melalui Branding “Bangga Surabaya” dalam Membentuk Citra Positif. Commercium, 1(2), 62–65.

Kusnandar. (2009). Peran Humas untuk Mengangkat Citra Pemerintah Kota Surakarta. Jurnal Fisip, 6(2), 23–24.

Kussanti, D. P., & Susilowati. (2019). Efektifitas Kampanye Humas Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melalui “Wonderful Indonesia’’ terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara.” Jurnal Ikom Usni, 9(2), 35–48.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Pandreou, D. J. (2019). Problematika dalam Tahapan Strategi City Branding Bangga Surabaya: Studi Kasus di Pemerintah Kota Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Siswanto, B. D. L., & Abraham, F. Z. (2016). Peran Humas Pemerintah sebagai Fasilitator Komunikasi pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Komunikas, 19(1), 55–68.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syukri, A. (2012). Peranan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang dalam Membangun Komunikasi Publik. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Balai Pustaka.

Tufte, T. (2021). Communication and social change: A citizen perspective. Polity Press.

Wungkana, A. P. (2019). Tingkat Pengetahuan Remaja Surabaya Mengenai Kampanye Bangga Surabaya melalui Media Sosial. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Asrining Puri, D. A., & Vinda Maya Setianingrum. (2024). Strategi Komunikasi Publik dan Statistik Melalui Penggunaan Platform Instagram @Surabaya (Studi Kasus pada Dinkominfo Kota Surabaya). The Commercium, 9(1), 195–204. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64924
Abstract views: 366 , PDF Downloads: 392