EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BIDANG PENDIDIKAN BANK INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA (Survei pada Kegiatan Mahasiswa GenBI Korkom Surabaya Madura-Bojonegoro 2023)

Penulis

  • Shinta Novita Ariani Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65374

Kata Kunci:

Corporate Social Responsibility, Soft Skill, GenBI, Beasiswa Bank Indonesia.

Abstrak

GenBI adalah komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia (BI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Program CSR Terhadap Pengembangan Soft Skill Mahasiswa mengenai kegiatan-kegatan GenBI 2023 mahasiswa GenBI Korkom Surabaya Madura-Bojonegoro. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Dengan subjek mahasiswa GenBI Korkom Surabaya Madura-Bojonegoro, sampel yang diambil sebanyak 252 dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai Sig. 0,000< 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh antara Efektivitas Program CSR (X)Terhadap Pengembangan Soft Skill Mahasiswa(Y). Program yang paling efektif dalam hal jumlah responden adalah Festival Ekonomi Syariah (FESYAR) dengan 107 responden. Untuk program Panitia OKE Jatim dengan 35 responden mencatatkan jumlah paling rendah. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alma, B. dan Hurriyati, R. 2009. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus Pada Mutu dan Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Ambadar, J. 2008. Corporate Social Responsibility – CSR dalam Praktik di Indonesia. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, Syaifudin. 2001 . Metode Penelitian, Edisi I, cet. 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya). Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Butterick, Keith. 2013. Pengantar Public relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Elfindri, dkk. 2010. Soft Skills untuk Pendidik. Bandung: PT. Baduose Media.

Herimato, Bambang. 2007. Public relations dalam Organisasi. Yogyakarta: Santusta.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu

I Made S.Utama, dkk. 2010. Konsep Pengembangan Panduan Evaluasi Pengembangan Soft skills Mahasiswa Melalui Proses Pembelajaran di Universitas Udayana.

Mursitama, T, Hasan. M, Fakhrudin, I. 2011. Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia, Teori dan Implementasi. Jakarta: Indef.

Muslich, Muhammad. 2009. Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurjaman, Kadar. 2012. Komunikasi & Public Relation. Bandung : CV Pustaka Setia.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustaonability. Jakarta: Salemba Empat.

Diterbitkan

2025-01-09

Cara Mengutip

Novita Ariani, S., & Vinda Maya Setianingrum. (2025). EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BIDANG PENDIDIKAN BANK INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA (Survei pada Kegiatan Mahasiswa GenBI Korkom Surabaya Madura-Bojonegoro 2023). The Commercium, 9(1), 234–245. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65374

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 155 , PDF Downloads: 119