STRATEGI SOSIALISASI POLITIK KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SURABAYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH MENUJU PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2024

Authors

  • wenny_dwi_lutfiana Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65692

Keywords:

Strategi, Sosialisasi Politik, Partisipasi pemilih

Abstract

Dari hasil penelitian, peneliti menemukan kesamaan teori yang sudah peneliti rancang dengan hasil penelitian dilapangan yaitu pada penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen strategis dengan konsep Plan, Do, Check dan Act (PDCA). Terbukti bahwa sejak awal Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya merancang strategi sosialisasi pemilihan umum terutama ditujukan untuk pemilih pemula, disabilitas, dan usia tua, namun lebih mengarah ditekankan kepada pemilih pemula atau GenZ, karena pada pemilu serentak 2024 ini dpt pemilih pemula mencapai 639.480,  artinya  populasinnya  mencapai  28.8%  lebih  tinggi  daripada  pemilih menengah,  setelah  menetapkan  planing  atau  rancangan  strategi  sosialisasi  yang dilakukan  KPU  Kota  surabaya  adalah  bekerja  sama  dengan  banyak  organisasi kepemudaan,     ataupun  lembaga  pendidikan  tinggi,  maupun  menengah,  agar menjalin komunikasi yang baik terhadap masyarakat pemilih pemula.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, D., Nawangsih dkk. (2021).

“Mewujudkan Lingkungan

Demokratis Melalui Edukasi Pemilu

dengan Asas Luber Jurdil”. Jurnal

IKRAITH-ABDIMAS

Estivani, (2021). “Trategi Komunikasi

Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Kota

Surabaya Dalam Mengelola Pemilihan

Kepala Daerah Di Masa Pandemi

Covid-19”. Universitas Islam Negeri

Sunan Ampel Surabaya.

Herdiansyah Haris, (2011),

“Metodologi Penelitian Kualitatif:

Untuk Ilmu Ilmu Sosial” . Jakarta:

Salemba Humanika.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum

Nomor 8 Tahun 2017 tentang

Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan

Partisipasi Masyarakat dalam

Pemilihan Gubernur dan Wakil

Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati,

dan/atau Walikota dan Wakil

Walikota.

Putri, P. (2016). “Peran Komisi

Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi

Pemilu sebagai upaya Untuk

Meningkatkan Partisipasi Politik

Masyarakat Pada Pemilu Presiden 2014

di Kalimantan Timur”. Jurnal Ilmu

Komunikasi, Universitas

Mulawarman.

Setyarahajoe, Ratna. "Strategi

Komunikasi Politik Humas Kpu Kota

Surabaya Dalam Sosialisasi Pemilih

Pada Pemilihan Presiden Tahun 2014

Guna Meminimalisir

Golput." Intelektual: Jurnal

Administrasi Publik dan Ilmu

Komunikasi 3.1 (2016): 79-83.

Widodo, Hananto. "Dampak Sosialiasi

Pemilu Oleh Kpu Kota Surabaya

Terhadap Partisipasi Politik

Masyarakat Pada Pilgub Jatim Tahun

2013 (Di Kecamatan Gayungan

Surabaya)." Kajian Moral dan

Kewarganegaraan 2.2 (2014): 372-386.

Hidayat, Rochmat. "Menimbang

Strategi Pemilihan Kepala Desa:

Strategi Sosialisasi Politik Kepala Desa

Terpilih Desa Bojong Kulon Kabupaten

Cirebon." SOSFILKOM: Jurnal Sosial,

Filsafat dan Komunikasi 12.01 (2018):

22-30.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

wenny_dwi_lutfiana, & Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). (2025). STRATEGI SOSIALISASI POLITIK KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SURABAYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH MENUJU PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2024. The Commercium, 9(1), 328–338. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65692
Abstract views: 255 , PDF Downloads: 200