RADIO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA VENT (STUDI KASUS RADIO DJ FM DALAM SEGMEN KRINGS HOW'S YOUR DAY)

Authors

  • FEBRI RACHMANIA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Anam Miftakhul Huda STATE UNIVERSITY OF SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65866

Keywords:

Kesehatan Mental, Media Vent, Radio Interaktif, Strategi Program, DJ FM Surabaya

Abstract

Masalah kesehatan mental di kalangan remaja Indonesia menjadi perhatian, dengan INAMHS 2022 mencatat 34,8% atau 15,5 juta remaja mengalami gangguan mental.
Kesadaran ini mendorong pencarian media ekspresi seperti radio, yang menjadi media vent untuk berbagi perasaan secara aman. Radio DJ FM Surabaya, dengan segmentasi pendengar usia 15-25 tahun, menghadirkan program Sunset Vibes dan segmen Krings How’s Your Day untuk mendukung ekspresi pendengar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasilnya menunjukkan strategi DJ FM sesuai lima prinsip Eastman: kesesuaian topik, konsistensi jadwal, konten menarik, dokumentasi program, dan promosi media sosial.
Strategi ini efektif menciptakan ruang berbagi bagi pendengar, memperkuat peran radio sebagai media vent yang relevan untuk generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, M. (2022, oktober). Strategi

Manajemen Penyiaran Radio Smart FM Makassar dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Komunikasi, 15(2)

Akramultazam, R., & Vera, N. (2020).

Strategi Produser Program Selamat Sore Dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar Pada Radio 104.2 Mstri Fm Jakarta. PANTAREI, 4(03).

Anggoro, N.Z. T., Sudaryanto, E., & Ekoputro,

W. (2023, July). STRATEGI PENYIARAN RADIO DJ FM DALAM MENINGKATKAN PENDENGAR. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAHASISWA KOMUNIKASI (SEMAKOM) (Vol. 1, No. 2, Juli, pp. 851-856).

Aziiz, A., & Shabana, A. (2023). Strategi

Segmentasi Pendengar Stasiun Jaringan Oz Radio di Era Digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 18-26.

Damayanti, R., Santoso, T. S. I., & Tecoalu, M.

(2024). Eksistensi Radio Melalui Konvergensi Siaran di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 125-135.

Eastman, S. T., Ferguson, D. A., & Klein, R. A.

(2006). Broadcast/Cable Programming: Strategies and Practices (7th Edition). Cengage Learning.

Effendy, R. (2014). Program Siaran Interaktif

(Talk Back Radio) Sebagai Ruang Publik Masyarakat Untuk Mengembangkan Demokrasi Lokal: Studi Pada Program” Citra Publika” Radio Citra 87, 9 FM Kota Malang. Jurnal Komunikasi, 9(1), 1-16

Fina, A. R., Akbar, M., & Mau, M. (2024). Radio

Prambors 105.1 FM Makassar: Menjaga Eksistensi di Era Media Konvergensi. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 7(1), 28-40.

Fina, A. R., Akbar, M., & Mau, M. (2024). Radio

Prambors 105.1 FM Makassar: Menjaga Eksistensi di Era Media Konvergensi. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 7(1), 28-40.

Hadi, I. P. (2020). RADIO SIARAN

INTERAKTIF DAN LAYANAN PUBLIK. CV. PENERBIT QIARA MEDIA

Harista, B. H., & Oktora, D. D. (2023).

Membangun Theatre of Mind Program Variety Radio “Santai Sejenak” Episode “Memories”. Jurnal Ilmiah Multimedia & Komunikasi, 8(1), 19-29.

Hartono, A. M., Febriananda, M. S., &

Achmada, V. (2022). Tiktok Sebagai PlatformVenting Mendorong Cyberbullying Gen-Z. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 450-458). 8

Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja

Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. (2022, October 24). Universitas Gadjah Mada. Retrieved January 14, 2025, from https://ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-i ndonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental/?utm_source=chatgpt.com

Helmita, H., & Asrizal, A. (2015). tindak tutur

dalam program interaktif antara penelpon dan penyiar radio di kota padang. JURNAL ARBITRER, 2(2), 154-169.

Huda, M., Sarinah, S., & Saputra, V. D. (2021).

Strategi Komunikasi Radio Citra FM Kendal dalam Meningkatkan Minat Pendengar. Journal of Communication Studies, 1(2), 97-113.

Ichsan, M., Reskyana, A. N., Naufal, M., &

Irnawati, I. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENYIARAN LANGSUNG DI RADIO VENUS MAKASSAR. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(11), 31-40.

Junito, D. B., & Fauzi, R. (2020). Strategi

Program “Morning Zone” Di Trax FM Jakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar. Inter Script: Journal of Creative Communication, 2(1), 15-29.

Kurniawati, T. (2023). GAYA KOMUNIKASI

PENYIAR RADIO SONGGOLANGIT FM UNTUK MENARIK MINAT PENDENGAR LIVE STREAMING PADA PROGRAM SENDU (SENANDUNG RINDU) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo

Ladici, H. (2022, November jumat). Apa Itu

Venting? Bagi Anda yang Sering Memendam Perasaan, Simak Penjelasan Dokter Vivi Syarif. https://www.sangalu.com/pendidikan/pr-835549816/apa-itu-venting-bagi-and a-yang-sering-memendam-perasaan-simak-penjelasan-dokter-vivi-syarif

Leoni Astriawati, L. (2021). STRATEGI

PENYIARAN RADIO BAHTERA SWARA (RBS RADIO) 91.2 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI KABUPATEN SIAK (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Mulyono, E. (2020). Manajemen Produksi

Program Siaran Riau Cemerlang di TVRI Riau –. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sabilah, N., & Arbi, A. (2023). Strategi

Komunikasi Radio Fajri 993 FM Bogor dalam Mempertahankan Citra Radio Dakwah. Al-MUNZIR, 13(2), 135-156.

Sapari, Y., Manshur, M. I., & Kamaludin, M.

(2022). Strategi Program RRI Play Go dalam Membangun Inovasi Digital sebagai Radio Visual “Tonton Apa yang Anda Dengar”(Studi deskriptif: Radio Republik Indonesia). JURNAL SIGNAL, 10 (2), 326–343.

Surabaya Digegerkan 2 Kasus Mahasiswa

Bunuh Diri dalam Sebulan. (2024, October 1). 87 detikcom. Retrieved January 14, 2025, from https://www.detik.com/jatim/berita/d-7567364/surabaya-digegerkan-2-kasusmahasiswa-bunuh-diri-dalam-sebulan.

Putri, A. (2020). Implementasi Komunikasi

Pemasaran Radio Suara Surabaya Dalam Mendapatkan Iklan Pada Masa Pandemi Covid-19. The Commercium, 3(02), 1-5.

Yulianti, S. (2020). Kekuatan Media Digital

pada Pembentukan Budaya Populer (Studi Kasus: Korean Wave di Indonesia). Jurnal Komunikasiana, 8(1).

Qiroatul Aini, A. (2019). Strategi Radio Swara

Kendal FM Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Media Online. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

Widiantoro, F. W., Shinta, A., & Ningrum, W.

R. (2021). Literasi Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Siaran Interaktif Radio. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp.357-377)

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

RACHMANIA, F., & Miftakhul Huda, A. (2025). RADIO INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA VENT (STUDI KASUS RADIO DJ FM DALAM SEGMEN KRINGS HOW’S YOUR DAY) . The Commercium, 9(1), 364–381. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65866
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 108