POLA KOMUNIKASI TELESALES P&G PT. BORWITA CITRA PRIMA SURABAYA

Penulis

  • Lola Pandini Universitas Negeri Surabaya
  • Danang Tandyonomanu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71725

Kata Kunci:

telesales, PT. Borwita Citra Prima, pola komunikasi.

Abstrak

Pandemi Covid yang melanda di seluruh dunia pada tahun 2020 membuat semua harus beradaptasi. Keterbatasan kebebasan beinteraksi juga menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan semua orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh telesales P&G PT Borwita Citra Prima. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh karyawan telesales serta bapak supervisor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola komunikasi yang dilakukan oleh telesales. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan evaluasi mengenai pola komunikasi yang efektif bagi telesales dalam berinteraksi dengan pelanggan, serta menjadi acuan perbaikan bagi penelitian selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggriana, E. 2017. Implementasi Model Komunikasi “Shannon And Weaver” Melalui Penyebaran Informasi Kartu Indonesia Sehat–Penerima Bantuan Iuran (Kis-Pbi) Di Kabupaten Donggala. SOCIAL HUMANITY, 1(1).

Angsori, M. L. 2019. model komunikasi.

Arsitawati, S. 2016. Strategi Komunikasi Melalui Telepon (Studi Kualitatif Strategi Komunikasi dalam Penawaran Amarelo Adhiwangsa Privilege Card Melalui Telepon oleh Telemarketing Operator Amarelo Hotel Solo dan Adhiwangsa Hotel And Convention Hall Solo).

Astari, D. R. 2015. Pola Komunikasi Sales Promotion Girl (Spg) Dalam Pemasaran Produk Rokok di Lampung (Studi SPG rokok Djarum DSO B. Lampung dan SPG rokok Djarum DSO Kota Bumi) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Budyatna, M. 2015. Teori-Teori Mengenai Komunikasi Antar-Pribadi. Prenada Media.

Churiyah, Y. (2011). Komunikasi lisan dan tertulis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryono, D. 2018. Membangun Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Perpustakaan. Media Pustakawan, 25(2), 22-28.

Erfani, N. F. 2018. Model Komunikasi Antar Pribadi Anak Retardasi Mental di SDLB Negeri Colomadu Dalam Interaksi Sosial. Jurnal Komunitas, 5(2).

Hanafi, M. I. 2017. Pola komunikasi interpersonal antara customer service dengan pelanggan di Telkomsel LOOP Station Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Handayani, A. 2018. Pola Komunikasi Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Occupancy Di Garuda Plaza Hotel Medan (Doctoral dissertation).

Imran, H. A. 2013. Fenomena Komunikasi dan Ilmu Komunikasi (Telaah Filsafat Ilmu Berbasis Elemen Epistemologi). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(2), 197-218.

Izzati, N. N. N. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Penjualan Emas (Studi Kasus Toko Mas Sinar Simpati Cianjur.

Mahardika, R. 2007. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Penjualan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Tenaga Penjual Perusahaan Distributor Convenience Product di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Manurung, H. T. P. 2018. Pola Komunikasi Custumer Service dan Kepuasan Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pola Komunikasi Costumer Service dan Kepuasan Pelanggan di Auto 2000 Cabang Sisingamangaraja Medan).

Mariani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Komunikasi Telemarketing PT. Asuransi XYZ Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Mendapatkan Informasi Asuransi Kesehatan X Di Jakarta (Periode Maret-Mei 2018) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Mikawati, R. 2020. Pola Komunikasi Persuasif Customer Service dalam Memberikan Pelayanan Kepada Nasabah (Studi Pada Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Palembang) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Mujahid, M., Safar, I., & Rantalemba, W. 2020. Peran Komunikasi Verbal dan Non Verbal Sales Promotion Girl Rokok Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 1-6.

Munawaroh, Izzatul. 2022.Efekivitas Telemarketing dalam pemasaran Produk Sayur dan Buah di UD. Hasli Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.

Muyassharoh, E. 2020. Analisis Telemarketing di UD. HASBY Mlarak Ponorogo dalam Meningkatkan Relationship Marketing (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nurhadi, Z. F. 2017. Teori komunikasi kontemporer. Prenada Media.

Padang, L. 2019. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Humanistic Models pada Perpustakaan Politeknik Negeri Medan.

Putri, P. K. (2016). Aplikasi pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran: iklan melibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1), 1-16.

Rakhmatin, T. 2017. Pengaruh Komunikasi Persuasif Personal Sales Terhadap Keputusan Pembelian Produk Al-Quran Miracle The Reference E-PEN. Jurnal Common, 1(1).

Rezky, H. 2020. Strategi Komunikasi Telemarketing PT. Infomedia Solusi Humanika Makassar dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Kartu Halo (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Sari, A. W. 2016. Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Silalahi, R. R., Prihatiningsih, W., & MPB, R. L. Hubungan Antara Komunikasi Telemarketing Asuransi dengan Sikap Calon Pelanggan Terhadap Telemarketer [Relations Between Insurance Telemarketing Communication and Potential Customer’s Attitude Towards Telemarketers]. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 3(2).

Solihat, I. (2017). Strategi komunikasi persuasif pengurus gerakan pemuda hijrah dalam berdakwah (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah).

Subadi, T. 2006. Metode penelitian kualitatif.

Diterbitkan

2025-07-21

Cara Mengutip

Lola Pandini, & Danang Tandyonomanu. (2025). POLA KOMUNIKASI TELESALES P&G PT. BORWITA CITRA PRIMA SURABAYA. The Commercium, 9(3), 346–359. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71725
Abstract views: 4 , PDF Downloads: 9