Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PFPreneur dalam Pemberdayaan Perempuan
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72138Keywords:
strategi komunikasi, CSR, PFPreneur, pemberdayaan perempuanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat. Salah satu kelompok sasaran penting dalam program CSR adalah perempuan, mengingat peran strategis mereka dalam keluarga dan komunitas. PFPreneur merupakan inisiatif sosial yang bertujuan meningkatkan kapasitas ekonomi dan sosial perempuan melalui pelatihan kewirausahaan, pendampingan, serta akses terhadap jaringan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggambarkan bagaimana komunikasi CSR dirancang, disampaikan, dan diterima oleh para penerima manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi PFPreneur menekankan pada pendekatan informatif, persuasif dan edukatif dengan memanfaatkan media sosial. Strategi ini dinilai efektif dalam membangun kepercayaan, meningkatkan partisipasi aktif, serta memperkuat citra perusahaan sebagai entitas yang peduli terhadap pemberdayaan perempuan. Sehingga dapat mewujudkan keberhasilan pelaksanaan program CSR PFPreneur dibidang pemberdayaan perempuan.
Downloads
References
Admin. (2020, October 9). Sektor Umkm Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi. Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. https://kemenkopukm.go.id/read/sektor-umkm-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi. (Diakses pada tanggal 18 Oktober pukul 21.12).
Admin. (2021, April 21). Menteri Bintang: Perempuan Bangkit Di Tengah Pandemi. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3147/menteri-bintang-perempuan-bangkit-di-tengah-pandemi. (Diakses 17 November pukul 08.14)
Admin. Visi dan Misi Pertamina Foundation. www.pertaminafoundation.org. https://www.pertaminafoundation.org/visi-misi. (Diakses pada tanggal 18 Oktober pukul 23.04).
Aedi, N. (2014). Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan: Instrumen Penelitian & Pengumpulan Data.
Istiqomah, I. (2021). Pemberdayaan Perempuan di Masa Pandemi: Studi Kelompok Wanita Tani (KWT) Silih Asih Sindangjawa, Kuningan. Mawa'izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 12(1), 15-32.
Lestari, L. Hairunnisa, & Boer, KM (2018). Strategi Komunikasi Program Corporate Social Responsiibility (CSR) Perusahaan PT. INHUTANI II Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. (ejournal. ikom. fisip. unmul. ac. id, Ed.) Strategi Komunikasi Program Corporate Social Responsibility, Volume 6, Nomer 3, 306-320. Retrieved March 11, 2020.
Marnelly, T. R. (2012). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teori dan praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 49-59.
Nur, Ratna. (2015). Bab III Skripsi Kualitatif. www.academia.edu. https://www.academia.edu/11000318/BAB_III_SKRIPSI_KUALITATIF. (Diakses 25 November 2021 pukul 12.47)
Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi CSR (Corporate Social Responsibility) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. Pertamina (Persero) Tahun 2018. Competence: Journal of Management Studies, 14(2), 184-202.
Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
Sa’adah, Nailis. (2021, Mey 8). Program PFSeries Bawa Pertamina Foundation Raih CSR Brand Equity Awards 2021. www.pertaminafoundation.org. https://www.pertaminafoundation.org/news/program-pfseries-bawa-pertamina-foundation-raih-csr-brand-equity-awards-2021/84. (Diakses pada tanggal 18 Oktober 2021 pukul 22.43)
Said, Achmad Lamo. (2018). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. Yogyakarta: Deepublish.
Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98-105.
Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Tambunan, Azrul Aziz. Strategi Komunikasi CSR PT. Milano Marbau dalam Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat. Skripsi tidak diterbitkan. Sumatra Utara: PPs Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Tani, Felix. (2015). Penelitian Kualitatif #024: Empat Tipe Triangulasi dalam Pengumpulan Data. www.kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/mtf3lix5tr/5535a2946ea8347510da42d9/penelitian-kualitatif-024-empat-tipe-triangulasi-dalam-pengumpulan-data. (Diakses 25 November 2021 pukul 10.12)
Yunianto, Tri Kurnia. (2020, August 11). Pelaku UMKM Perempuan Terus Bertambah, Butuh Perhatian Pemerintah. www.katadata.co.id. https://katadata.co.id/yuliawati/berita/5f32ae9109931/pelaku-umkm-perempuan-terus-bertambah-butuh-perhatian-pemerintah. (Diakses pada tanggal 18 Oktober pukul 22.18).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 101
,
PDF Downloads: 85