STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA NARASI TV DALAM INDUSTRI BISNIS MEDIA DIGITAL DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72206Kata Kunci:
Komunikasi Pemasaran, brand strategis, Narasi.tv, Digital MediaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Narasi TV dalam menghadapi dinamika industri media digital di Indonesia. Narasi TV sebagai media digital berbasis narasi sosial dan budaya yang mengadopsi pendekatan komunikatif, edukatif, dan menghibur dalam mengembangkan ekosistem medianya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan tim internal Narasi TV, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Narasi TV menerapkan strategi komunikasi pemasaran berbasis transmedia branding, promosi event, konten streaming, kolaborasi brand, serta optimalisasi media sosial untuk meningkatkan keterlibatan audiens pada news dan entertainment yang berkiblat jurnalistik.
Prinsip utama yang dijalankan Narasi TV adalah memastikan bahwa seluruh konten dan program mereka berlandaskan riset mendalam, mengikuti kode etik jurnalistik, serta berbasis pada data yang akurat. Narasi TV juga secara aktif menanamkan nilai-nilai sosial dalam setiap kolaborasi dengan brand mitra, menjaga relevansi dan dampak pesan yang disampaikan. Strategi ini sejalan dengan konsep komunikasi pemasaran terpadu (IMC), di mana semua keberhasilan diukur tidak hanya dari aspek komersial, tetapi juga dari loyalitas audiens dan penguatan citra brand. Melalui strategi yang adaptif dan berbasis data, Narasi TV mampu mempertahankan posisinya sebagai media digital independen yang berpengaruh di tengah masyarakat.
Unduhan
Referensi
Albarran, A. B. (2010). The Media Economy. New York: Routledge
Anoraga, Pandji. (2000). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ardianto, Elvinaro. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Asiatun, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Program Talk Show Hitam Putih Di Trans 7. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 147-158.
Barker M., Barker D., Bormann N. and Neher K. (2013). Social Media Marketing: A Strategic Approach. USA: Cengage Learning.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (11th ed.). McGraw-Hill Education.
Boer, R. (2019). Relationship Marketing dan Mata Najwa Sebagai Bagian dari Strategi Memasarkan Narasi. tv. Jurnal Ultimacomm, 11(2), 109-128.
Cangara, Hafied. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Creasionbrand. (2011). Menciptakan penjualan melalui Social Media. Jakarta: PT. Gramedia.
Chafilaudina, S. P., & Soegiarto, A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag# Jadipaham. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40-51.
Chafilaudina, S. P., & Soegiarto, A. (2021). Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag# Jadipaham. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 40-51.
Effendy, Onong Uchjana. (2000). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Forja-Pena, T., García-Orosa, B., & López-García, X. (2024). The Ethical Revolution: Challenges and Reflections in the Face of the Integration of Artificial Intelligence in Digital Journalism. Communication and Society, 37(3 Special Issue), 237–254. https://doi.org/10.15581/003.37.3.237-254
Hadi, S. (2020). Strategi Digital Media Independen dalam Membangun Brand Awareness: Studi Kasus Narasi TV. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 45–56.
Hakim, M. L., & Suraya. (2024). A Systematic Review towards Evolution of Interactive Storytelling and Audience Engagement in Films. International Journal of Creative Multimedia, 5(1), 55–73. https://doi.org/10.33093/ijcm.2024.5.1.4
Irwin-Mc Graw Hill Amstrong & Kotler. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo.
Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.
Jenkins, H. (2006). Convergence culture: Where old and new media collide. New York: New York University Press.
K.Yin Robert. (2003). Studi Kasus,Desain,dan Metode. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. Kepios. https://datareportal.com/reports/digital- 2023-indonesia
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Luthans, F. (2011). Organizational Behavior (12th ed.). New York: McGraw-Hill.
Mabruri, Anton KN. (2018). Manajemen Produksi Program Acara Televisi Format Acara Non-Drama, News, & Sport. Jakarta : PT Grasindo.
McQuail, D. (2005). McQuail’s Mass Communication Theory 5th Edition. Sage Publications, Inc.
Misra, S. (2019). New Media, New Technologies and Print Journalism : Changing Journalitistic Practices in The Convergents Era. International Journal on Transformations of Media, 4.
Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mulyana, Dedy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Perreault, Jr. and McCarthy. (2004). Basic Marketing. Singapore:
Nasir, J., Puryanto, P., Ariyati, Y., & Wahyudi, T. D. (2023). Strategi Komunikasi Inews Tv Padang Dalam Mempertahankan Eksistensi Diera Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 49-65.
Nawaz, S. S., & Kaldeen, M. (2020). Impact of Digital Marketing on Purchase Intention. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 1113-1120 Sikumbang, S. (2021). Strategy Marketing Narasi Tv. Marcommers, 11(1), 40-54.
Nugroho, Y. (2018). Media Baru dan Anak Muda: Tantangan Media Alternatif di Era Digital. Jakarta: Yayasan Tifa.
Obor Indonesia. Mondry. (2008). Teori dan praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prabandari, S. P., & Handrito, R. P. (2022). Bisnis Digital: Teori, Manajerial, dan Studi Kasus. Universitas Brawijaya Press.
Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing.
Prawityasari, A., Nabila, A. P., & Hutagalung, Y. B. (2022). Strategi Komunikasi Media Sosial dalam Meningkatkan Citra Merk. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 938. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2101
Ries, A., & Trout, J. (2001). Positioning: The Battle for Your Mind. New York: McGraw-Hill.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Organizational Behavior (16th ed.). Pearson Education.
Salsabela, K. (2021). Narasi. tv Melihat Peluang dari Kacamata Audiens pada Era Konvergensi Media. Departmen of Communication Science, FISIPOL UGM.
Santana, Septiawan. (2005) Jurnalisme Kontenporer. Jakarta: Yayasan
Sari, A. (2022). Penerapan E-Marketing Menggunakan Model Oohdm Dan Strategi Marketing 7P (Studi Kasus: Sudden Inc). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(4), 80-85.
Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Tantangan Teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(1), 1-14.
Shieh, H.-S., & Lai, W.-H. (2017). The relationships among brand experience, brandresonance and brand loyalty in experiential marketing:Evidence from smart phone in Taiwan. Journal of Economics and Management, 28, 57–73. https://doi.org/10.22367/jem.2017.28.04
Singh, D. V. (2023). Influencing Gen Z Mindset Towards a Product Through Content Marketing. EPRA International Journal of Economics, Business and Management Studies, 5–16. https://doi.org/10.36713/epra13508
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprapto, Tommy. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi, Jakarta: PT. Buku Seru
Wahyuni, R. (2020). Komunikasi Internal dan Budaya Kolaboratif dalam Produksi Media Digital. Jurnal Komunikasi Universitas Paramadina, 13(2), 91–104.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

