STRATEGI PENGELOLAAN INSTAGRAM @SUROBOYOBUS DALAM MENINGKATKAN AWARENESS TRANSPORTASI UMUM PADA MASYARAKAT KOTA SURABAYA

Penulis

  • Rahmania Nabila Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.50368

Abstrak

Dengan kehadiran media sosial kini, melahirkan sebuah konsep pemasaran low budget high impact. Instagram diminati instansi atau perusahaan sebagai media untuk menaikkan engagement dalam mencapai brand awareness pada target marketnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan media sosial instagram @suroboyobus dalam meningkatkan brand awareness khususnya pada masyarakat Kota Surabaya. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pegumpulan data dengan mewawancarai 4 informan yang terdiri dari staff UPTD PTU yang merupakan pengelola Suroboyo bus, staff e-Dishub yang bertindak sebagai admin atau pengelola akun istagram @suroboyobus, dan followers instagram yang juga merupakan penumpang Suroboyo Bus. Berdasarkan hasil wawancara, dokumetasi, dan observasi, adapun strategi pengelolaan instagram @suroboyobus mengunakan model komunikasi The Circular Model of SOME yang dicetuskan oleh Regina Lutrell. Model ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu: Share, Optimize, Manage, dan Engage. Strategi dalam meningkatkan awareness transportasi umum melalui pemilihan konten yang lebih informatif dinilai mampu menaikkan engagement followers dan pengguna instagram lainnya. Kata Kunci : Pengelolaan Instagram, Suroboyo Bus, Brand Awareness

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Nabila, R., & Sukardani, P. S. (2022). STRATEGI PENGELOLAAN INSTAGRAM @SUROBOYOBUS DALAM MENINGKATKAN AWARENESS TRANSPORTASI UMUM PADA MASYARAKAT KOTA SURABAYA. The Commercium, 6(1), 125–133. https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.50368

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 129