STRATEGI BRANDING DESTINASI WISATA KAWASAN WISATA INTERNASIONAL BINTAN RESORTS PASCA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Raja Rizka Isti Annisa Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.52226

Kata Kunci:

Keyword : Branding, Tourist destination, Pandemi COVID-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi branding destinasi wisata kawasan wisata internasional Bintan Resorts pasca pandemi COVID 19 yang dilakukan oleh PT Bintan Resort Cakrawala selaku pengelola kawasan wisata Bintan Resorts dengan melihat bagaimana positioning, differentiation dan branding yang dilakukan oleh PT Bintan Resort Cakrawala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui tahapan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi positioning yang dibangun oleh PT Bintan Resort Cakrawala adalah dengan menanamkan di benak wisatawan bahwa kawasan Bintan Resorts merupakan kawasan yang aman dan membuat Bintan Resorts menjadi satu-satunya destinasi wisata di Indonesia yang memperoleh dua sertifikasi dari Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola kawasan wisata internasional Bintan Resorts,  PT Bintan Resort Cakrawala berhasil melakukan strategi branding pasca pandemi COVID-19 melalui strategi positioning, differentiation dan branding diukur berdasarkan peningkatan jumlah wisatawan dan menjadi destinasi wisata kepercayaan wisatawan pasca pandemi COVID 19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-05-23

Cara Mengutip

Annisa, R. R. I., & Huda, A. M. (2023). STRATEGI BRANDING DESTINASI WISATA KAWASAN WISATA INTERNASIONAL BINTAN RESORTS PASCA PANDEMI COVID 19. The Commercium, 6(3), 53–61. https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.52226

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 213 , PDF Downloads: 217