STRATEGI KOMUNIKASI BMKG JUANDA DALAM PENGELOLAAN AKUN @infobmkgjuanda
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.52859Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, @infobmkgjuandaAbstrak
Cuaca memiliki pengaruh yang signifikan pada kehidupan masyarakat. Hal tersebutlah yang menjadi alasan terbesar informasi seputar cuaca di suatu daerah menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun dewasa kini, masyarakat bukan hanya perlu informasi tentang cuaca seperti prakiraan cuaca saja, tetapi juga edukasi mengenai cuaca. Kebutuhan informasi mengenai cuaca tak berhenti di prakiraan cuaca dan edukasi yang menjelaskan mengenai kejadian-kejadian yang ada sangkut pautnya dengan cuaca saja, melainkan masyarakat juga memerlukan edukasi tentang cuaca yang berpotensi memicu bencana alam. BMKG Juanda melalui akun instagramnya yakni @infobmkgjuanda kerap mengunggah postingan mengenai edukasi seputar cuaca. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi BMKG Juanda dalam akun instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Data temuan peneliti kemudian dianalisis dengan menggunakan Teori Tahapan Strategi Komunikasi milik Phil Jones. Adapun hasil penelitian ini ialah dalam melakukan edukasi di Instagramnya, BMKG Juanda melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan serta tindak lanjut dan komitmen.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

