PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION TOKO KOPI PADMA DALAM MENARIK PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.54295Kata Kunci:
IMC, Menarik PelangganAbstrak
Tren mengonsumsi kopi menciptakan sebuah bisnis kekinian yaitu coffee shop. Di era ini, komunikasi pemasaran yang kerap digunakan yaitu Strategi Integrated Marketing Communication (IMC). IMC adalah konsep strategi dalam sebuah bisnis. Kafe yang mengusung melakukan komunikasi pemasaran menggunakan IMC adalah Toko Kopi Padma. Coffee shop yang mengusung tema kuno atau vintage mengambil sub-name Padma Kopi Tjantik. Tempat ini berlokasi di Surabaya.
IMC memadukan berbagai elemen komunikasi pemasaran perusahaan dalam rangka mencapai hasil pemasaran yang optimal yang menyatakan bahwa teori Integrated Marketing Communication atau IMC merupakan bentuk komunikasi yang tertuju pada perencanaan, pembuatan, penyatuan, dan pelaksanaan atau penerapan berbagai bentuk komunikasi pemasaran. Tujuan dari IMC adalah baik secara langsung maupun tidak langsung, mempengaruhi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa.
Penelitian ini menjelaskan bahwa Toko Kopi Padma menerapkan lima dari delapan aspek IMC, diantaranya advertising (periklanan) secara online yaitu Instagram Ads. Event and experience kegiatan opening dan launching coffee shop. Aspek public relation and publicity, kerja public relation dilakukan oleh owner dengan masuk ke berbagai komunitas penggiat kopi dan memperluas jaringan. Kini Toko Kopi Padma sedang mengembangkan sebuah website. Di Toko Kopi Padma, segala bentuk komunikasi pemasaran via daring dan social media marketing berada di bawah koordinasi antara creative team dan owner. Kemudian aspek personal selling dengan pemberian tester.
Kata Kunci: IMC, Menarik Pelanggan
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

