KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS WISATA HERITAGE DENGAN CITY BRANDING KOTA MALANG

Penulis

  • Gracia Oktanapsia Gunawan Universitas Negeri Surabaya
  • Danang Tandyonomanu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55312

Kata Kunci:

Efektivitas Program, Wisata Heritage, City Branding, Kawasan Wisata Kajoetangan Heritage, Wisata Kota Malang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan adanya efektivitas dari program wisata heritage dapat meningkatkan city branding dari Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online lewat platform Google Form. Populasi dari penelitian ini ialah pengunjung Kawasan Wisata Kajoetangan Heritage dengan jumlah sampel sebanyak 236 orang. Adanya penelitian ini menunjukkan beberapa fenomena, baik yang bersifat positif maupun negatif. Lewat penelitian ini, diketahui bahwa Kawasan Wisata Kajoetangan Heritage merupakan program yang efektif. Adanya kawasan wisata ini juga terbukti mampu meningkatkan city branding Kota Malang. Walaupun pengaruh yang diberikan masih berada di angka 39,4% yang artinya sifat dari pengaruh yang ditimbulkan masih tergolong lemah. Di samping itu, terdapat beberapa poin negatif yang masih perlu dibenahi oleh Pemerintah Kota Malang selaku penyelenggara Kawasan Wisata Kajoetangan Heritage. Diantaranya, terdapat kemiripan antara ikon-ikon baru yang ada di Kota Malang dengan ikon-ikon yang telah popular di Kota lain. Hal ini menyebabkan adanya penilaian dari masyarakat yang menganggap bahwa Kota Malang kurang kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, R. (2018). Efektivitas Program Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) Dalam Meningkatkan Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat.

Chaaerani, R. Y. (2011). Pengaruh City Branding Terhadap City Image (Studi Pencitraan Kota Solo: 'The Spirit of Java').

Harahap, M. A. (2008). Eksistensi City Branding Menurut UU No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek (Studi Kasus "Semarang Pesona Asia" di Kota Semarang.

Hermawan, F. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen Motor Honda di Komplek Graha Indah Bekasi).

Kartika, T., Fajri, K., & Kharimah, R. (2017). Pengembangan Wisata Heritage Sebagai Daya Tarik Kota. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure.

Lestari, R. B. (2016). Membangun Citra Sebuah Kota Dalam Persaingan Global. Jurnal Ilmiah STIE MDP.

Maklufah. (2013). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kepuasan Memilih Jurusan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Pamekasan Madura.

Maryuliana, Subroto, I. M., & Haviana, S. F. (2016). Sistem Infromasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika.

Nurmi, H. (2021). Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata. Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan.

Profil Kota Malang. (2017). Diambil kembali dari http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/

Profil Kota Malang. (2022). Diambil kembali dari Beautiful Malang - City Branding Kota Malang: https://malangkota.go.id/sekilas-malang/city-branding/

Rifa'i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Krupuk Ikan Dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten sidoarjo. Kebijakan dan Manajemen Publik.

Sukmaraga, A. A., & Aditya, N. (2016). City Branding: Sebuah Tinjauan Metodologis Dengan Pendekatan Elaboratif, Praktis, dan Ilmiah. Journal of Arts, Design, Art Education & Culture Studies.

Sunarto, I. (2015). Efektivitas Pelayanan Pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kecamatan Tenggarong Seberang. eJournal Administrasi Negara.

Wandari, L. A., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh City Branding "Shining Batu" Terhadap City Image dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kota Batu Tahun 2014. Jurnal Administrasi Bisnis.

Yanti, N. D. (2020). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Ojek Online (Go-ride).

Diterbitkan

2023-07-18

Cara Mengutip

Gunawan, G. O., & Tandyonomanu, D. (2023). KORELASI ANTARA EFEKTIVITAS WISATA HERITAGE DENGAN CITY BRANDING KOTA MALANG. The Commercium, 7(1), 156–165. https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55312

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 124 , PDF Downloads: 107