STRATEGI EVENT MANAGEMENT PT. DBL INDONESIA PASCA PANDEMI

Penulis

  • Muhammad Zacki Romadhon Asyari Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55452

Kata Kunci:

Pasca Pandemi, DBL Indonesia, Manajemen Event

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana strategi manajemen event PT. DBL Indonesia dalam menyelenggarakan event Honda DBL With KFC East Java Series North Region 2022 dalam adaptasi penyelenggaraan event pasca pandemi.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penyajian data dalam penelitian ini berbentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai data di lapangan.

Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa PT. DBL Indonesia berhasil menunjukkan penerapan strategi manajemen yang adaptif dan inovatif dalam penyelenggaraan event basket. Mereka membangun kepercayaan pengunjung melalui protokol kesehatan yang ketat, menciptakan buku besar pedoman penyelenggaraan event pasca pandemi, dan menggunakan KOL populer di media sosial. Selain itu, perencanaan matang untuk acara liga pelajar nasional juga berkontribusi dalam mempertahankan animo peserta dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Semua ini menghasilkan pengalaman komunikasi yang efektif dan memperkuat ikatan antara peserta, pelajar, dan pendukung almamater.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Noor, any. (2009). Manajemen event. Bandung: alfabeta

Abdullah, I. A. (2009). Manajemen Konferensi dan Event. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitu Press.

Goldblatt J. (2002). Special Event; Best Practices in Modern Event Management. 2nd edn. New York: John Willey & Sons

Julia R. Silver. (2004). Event : Professional Event Coordination. New Jersey : John Willey & Sons

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga

Sugiyono (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Iskandar, A., Possumah, B.T & Aqbar, K. (2020) Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid 19. SALAM : Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-Iw

Jogiyanto. (2005). Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif Yogyakarta : Andi

Yunus, Dr. Dra Ulani. Dkk. (2007) Advertising & Branding. Jakarta: Edu Pustaka

Fahmi, Irham (2015). Management Strategis : Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Tussyadiah, I. P., Pesonen, J., & Pesonen, J. (2020). Impacts of COVID-19 on Hospitality Industry: Review of the Current Situations and a Research Agenda. Journal of Hospitality Marketing & Management

Miskelly, M., & Murphy, M. (2020). The Impact of COVID-19 on the Events Industry in Ireland: An Analysis of Challenges and Opportunities. Event Management

Kim, J., Xiang, Z., Jia, Y., & Zhang, Q. (2021). The Role of Digital Marketing Communication in Virtual Events. Event Management

Wrightsman, L. S. (1993). "Motivational factors in competitive sport." In Advances in sport psychology. Human Kinetics Publishers.

Cangara, H. (2013). Komunikasi Lintas Budaya: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada.

Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Panduan Protokol Kesehatan Penanganan COVID-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2013). Effective Public Relations. Boston: Pearson.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill Education.

Allen, J. (2009). Event Planning Ethics and Etiquette: A Principled Approach to the Business of Special Event Management. New York: Wiley.

BurstMedia. (2014). Influencer Marketing Insights Study. [online] Available at: https://www.rhythmone.com/wp-content/uploads/2014/06/Burst-Influencer-Marketing-Insights-Study.pdf

Diterbitkan

2023-07-20

Cara Mengutip

Asyari, M. Z. R., & Huda, A. M. (2023). STRATEGI EVENT MANAGEMENT PT. DBL INDONESIA PASCA PANDEMI. The Commercium, 7(1), 199–208. https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55452

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 254 , PDF Downloads: 394