STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS (PUSH, PULL DAN PASS) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PELINDO SUB REGIONAL JAWA

Penulis

  • Mohammad Agha Ainul Falaq Universitas Negeri Surabaya
  • Tatak Setiadi, M.A. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55548

Kata Kunci:

Strategi, komunikasi, pelindo, sub, regional, jawa, CSR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana strategi komunikasi Humas Pelindo Sub Regional Jawa Dalam Membangun citra perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Metode deskriptif yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan agar menghasilkan sebuah penjabaran dan gambaran yang sistematis mengenai kegiatan perusahaan yaitu CSR. Pengumpulan data didapat melalui observasi dan wawancara medalam secara snowball. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya Pelindo Sub Regional Jawa dalam membangun citranya melalui kegiatan CSR di Kota Surabaya melalui UMKM dan Bina Lingkungan. Pelindo Sub Regional Jawa juga menggunakan strategi komunikasi humas melalui media sosial perusahaan. Media sosial berperan krusial dalam melakukan proses publikasi setiap kegiatan perusahaan khususnya CSR dalam membangun citra perusahaan melaui media sosial instagram.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daftar Pustaka

Agave, Q. (2020). Teknik dokumentasi dan pelaporan dalam tataran klinik.

Barahama, T., Wijiastuti, R. D., Rawi, R. D. P., & Lewenussa, R.(2022).

Akmal, M. F. MANAJEMEN REDAKSI AKUTAHU DALAM MENGELOLA KONTEN ADVERTORIAL.

Apriansyah, M. D. (2018). Pengaruh Jumlah Followers Instagram LPM Teropong UMSU dalam Menarik Media Partner guna Memasang Iklan (Doctoral dissertation).

Barahama, T., Wijiastuti, R. D., Rawi, R. D. P., & Lewenussa, R. (2022). Citra Perusahaan, Customer Experience Dan Fasilitas: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pelni Cabang Sorong. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(2), 142-149.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effektif Public Relations. Jakarta: Kencana.

Deviona, E., Nainggolan, I. D. P., Widyawan, P. A., Claretta, D., & Adi, A. (2022). Efektivitas Komunikasi Kegiatan" COFFEE MORNING" Pada Pt Pelindo Regional III. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(3), 202-205.

Dzulqarnain, M. F., & Nazir, M. (2021). Dasar Editing Video Berbasis Android Guna Kreasi Konten Media Sosial Pada Lingkungan Pelajar SMA Di Kalimantan Barat. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41-49.

Datuela, A. (2013). Strategi public relations pt. Telkomsel branch manado dalam mempertahankan citra perusahaan. Acta Diurna Komunikasi, 2(1).

Endah, W. D. E. S., Mujahid, M., & Asdar, M. A. (2022). Strategi Komunikasi Eksternal dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan Di Tengah Krisis Pandemi Covid-19: Studi Kasus PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Journals of Social, Science, and Engineering, 1(2), 42-46.

Fadhil, M., & Mulyana, D. (2022, August). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Memperbaiki Citra Perusahaan. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 2, No. 2, pp. 729-733).

Fauzi, M. I., & Yuliati, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya. Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 148-155

Ferdiansyah, M. A. (2021). Strategi Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Citra Perusahaan (Kasus Public Relations Pt Marga Harjaya Insfrastruktur Jombang) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Helaludin dan Hengki Wijaya. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta Timur: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. 10 hal.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3, 1-13.

Hidayaturrahman, M. (2017). Corporate social responsibility strategi komunikasi perusahaan migas. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Herlina, S. (2015). Strategi komunikasi humas dalam membentuk citra pemerintahan di kota malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 4(3).

Haryani, I., Yunita, D. I., & Rini Indahwati, S. E. (2022). PENERAPAN PSAK 71 DALAM PERHITUNGAN CADANGAN PENURUNAN NILAI PIUTANG PADA PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) REGIONAL 1 CABANG BELAWAN. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 3(1), 312-323.

Helen, H., & Rusdi, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram@ Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355-362.

Handayani, N. P. L., & Adinegara, G. J. (2022). PERAN SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN DIGITAL BRANDING PERUSAHAAN JASA. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 5).

Inayah, N. (2017). Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di PT. Cirebon Electric Power. Journal Signal, 5(2).

Indrawati, N. (2009). Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Annual Report serta Pengaruh Political Visibility dan Economic Performance. PEKBIS, 1(01).

Lubis, E. E. (2012). Peran humas dalam membentuk citra pemerintah. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 12(1).

Maulana, D. (2015). ANALISIS PENERAPAN PROGRAM KEMITRAAN BINA LINGKUNGAN SEBAGAI BENTUK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi di PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Muhtar, S. M., Cangara, H., & Unde, A. A. (2013). Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Humas Pt. Semen Tonasa Terhadap Komunitas Lokal Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 90-99.

Marnelly, T. R. (2012). Corporate social responsibility (CSR): Tinjauan teori dan praktek di Indonesia. Jurnal aplikasi bisnis, 2(2), 49-59.

Mulyono, A. M., & Yuliatiningtyas, S. (2022). Penggunaan media sosial sebagai strategi komunikasi membangun brand image pada PT Pelindo energi logistik. Journal Communication Specialist, 1(1), 123-137.

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Nova, F. (2009). Crisis public relations: bagaimana PR menangani krisis perusahaan. Grasindo.

Nurcahyani, R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Bank Syariah Badan Usaha Milik Negara Di Yogyakarta.

Pos, M. C. P. P. P., & Meisani, S. STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. POS INDONESIA.

Prastowo, F. A. A. (2020). Pelaksanaan fungsi pokok humas pemerintah pada lembaga pemerintah. PRofesi Humas, 5(1), 17-37.

Prastyorini, J., & Fandiyo, A. A. (2019). Citra Perusahaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalolitas Pelanggan PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Gresik. Jurnal Baruna Horizon, 2(1), 11-21.

Purba, R. P., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasuspt. Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(1), 1-13.

Putri, W. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perubahan Logo Terhadap Citra Perusahaan pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan (Doctoral dissertation).

Prastyorini, J., & Fandiyo, A. A. (2019). Citra Perusahaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalolitas Pelanggan PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Gresik. Jurnal Baruna Horizon, 2(1), 11-21.

Purwanto, F. X. (2012). PERAN EKSTERNAL PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT.(PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA.

Purnomo, L. O. P. (2011). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Kasus pada Industri Jasa Natasha Skin Care) (Doctoral dissertation, UAJY).

Pradana, D. I. N. U. L. (2016). Tinjauan Yuridis Terhadap Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (persero). Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar, 21-22.

Ramadhani, C., & Sudaryanto, E. (2023). Strategi Komunikasi Humas Melalui Instagram Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 3(02), 74-81.

Rahadhini, M. D. (2010). Peran public relations dalam membangun citra perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility. Jurnal ekonomi dan kewirausahaan, 10(1).

Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2015). Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 507-518.

Sumaryo, S. (2009). Efektifitas Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri Agama Dan Menteri Dalam Negeri No. 9 Dan No, 8 Tahun 2006.

Saputri, S. N., & Putri, Y. R. (2019). Strategi Komunikasi Organisasi Kitabisa. Com Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. eProceedings of Management, 6(2).

Sari, S. D. P. (2022). LAPORAN KULIAH KERJA MAGANG ANALISIS PENGENDALIAN PIUTANG TERHADAP RESIKO PIUTANG MACET DI PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) SUB REGIONAL JAWA.

Supriatna, K. W. S., & Hidayat, D. (2021). Digital Branding@ Arisancuankita Melalui Sosial Media Instagram. Persepsi: Communication Journal, 4(2), 205-219.

Setiono, B. A. (2018). Pengaruh budaya organisasi, karakteristik individu, karakteristik pekerjaan terhadap kinerja karyawan PT. Pelindo III Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 6(2), 128-146.

Sudirman, A., Halim, F., Nainggolan, A. B., Butarbutar, N., & Sherly, S. (2021, June). Meninjau Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis Sektor UMKM. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis (pp. 165-179).

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). Peran Sosial Media Guna Manajemen Hubungan dengan Pelanggan Pada Layanan E-Commerce. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 7(2).

SAPUTRI, V. A. (2020). ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY (CSR) PADA PT PELABUHAN INDONESIA IV (Persero) (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Talumewo, C. Y., Van Rate, P., & Untu, V. N. (2021). Reaksi Pasar Modal Indonesia Sebelum dan Sesudah Pengumuman Pemberlakuan New Normal (Event Study Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 166-175.

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Lentera, 17(1).

Wenno, P. P. (2012). Pengaruh Kesan Pada Website Terhadap Citra Perusahaan Dan Minat Beli (Studi Kuantitatif Eksplanatif Pada Butik online diadandia. com) (Doctoral dissertation, UAJY).

YUNUS, M. R., & RIATNO, E. B. (2019). Peran Public Relation dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility pada PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak. Copi Susu: Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi, 1(1), 1-24.

?

Diterbitkan

2023-07-21

Cara Mengutip

Falaq, M. A. A., & M.A., T. S. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS (PUSH, PULL DAN PASS) DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PELINDO SUB REGIONAL JAWA. The Commercium, 7(1), 263–272. https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55548

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 303 , PDF Downloads: 433