KONSTRUKSI SOSIAL SHOPPER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN AKUN TIKTOK NATASHA SURYA SEBAGAI REFRENSI
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55600Kata Kunci:
Konstruksi Sosial, Shopper, Keputusan Pembelian, TikTok, Natasha SuryaAbstrak
Saat ini, sosial media TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sedang tenar saat ini, yang menjadikan sosial media banyak digandrungi oleh masyarakat. Sosial media TikTok kemudian banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk memperkenalkan dan melindungi eksistensinya. Salah satu individu atau content creator yang menerapkan strategi pemasaran menggunakan sosial media sendiri adalah Natasha Surya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial para shopper sebagai konsumen yang melakukan pembelian secara online setelah melihat review dari konten TikTok @natasha.surya. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman yang berlangsung dalam tiga tahap yaitu eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh dari penjelasan yang informatif sehingga memunculkan variety seeking behavior pada shopper. Adanya kemudahan dalam mencari produk yang diinginkan karena informasi yang detail serta visual konten yang ditampilkan. Hingga akhirnya menimbulkan perilaku impulsif pada shopper.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

