PENGGUNAAN KONTEN AI SURABAYA MILIK @BRANDONLILHERO DENGAN UNSUR BAHASA JAWA PADA TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Penulis

  • Khalisa Khansa Maharani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55968

Kata Kunci:

Kata Kunci: Konten Lokal, TikTok, Media Promosi, Ai Surabaya, Bahasa Jawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan konten Ai Surabaya milik
@brandonlihero dengan mengandung unsur bahasa Jawa yang digunakan sebagai media promosi. Peneliti
menggunakan teori 4C media sosial oleh Chris Heuer melalui Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
deskriptif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan
observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan konten Ai Surabaya telah melalui beberapa tahapan
yang sesuai dengan teori 4C oleh Heuer yaitu context yang ditunjukkan dengan konten humor, konten relate,
pengemasan caption, tema, dan bahasa. Communication yaitu melalui penyampaian informasi produk dan interaksi
dengan audiens. Collaboration yang melalui kerja sama antara Brandon dan merek. Connection yaitu selain melalui
kolom komentar, Brandon menjaga hubungan yang sudah dibangun dengan audiens dengan menjadi diri sendiri
pada konten.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-25

Cara Mengutip

Maharani, K. K. (2023). PENGGUNAAN KONTEN AI SURABAYA MILIK @BRANDONLILHERO DENGAN UNSUR BAHASA JAWA PADA TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI. The Commercium, 7(2), 49–59. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.55968

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 102 , PDF Downloads: 302