PERSONAL BRANDING PUTERI INDONESIA JAWA TIMUR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56239Kata Kunci:
Personal Branding, Puteri Indonesia, InstagramAbstrak
Instagram adalah salah satu platform media sosial yang terus mengalami pertumbuhan penggunaan di Indonesia, hal ini
sangat penting bagi publik figur untuk mencerminkan bagaimana mereka membedakan diri baik dalam kehidupan nyata
maupun di media sosial. Sebagai Puteri Indonesia Jawa Timur, mereka pasti memiliki personal branding mereka sendiri.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, menggunakan metode studi
kasus dan teori personal branding. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara
mendalam, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan secara autentik
menampilkan personal branding mereka di akun Instagram mereka dengan menunjukkan kesejajaran antara apa yang
mereka paparkan di platform media sosial dan kehidupan sehari-hari mereka. Personal branding yang mereka
perlihatkan sebagai Puteri Indonesia Jawa Timur ditandai dengan keaslian, tanpa manipulasi citra, dan rendah hati.
Mereka juga berinteraksi dengan pengikut mereka tidak hanya dengan memamerkan konten personal branding, tetapi
juga melalui fitur tanya jawab untuk menyampaikan pesan personal branding mereka dengan cepat dan mudah.
Kata Kunci : Personal Branding, Puteri Indonesia, Instagram
Unduhan
Referensi
Aini, A. N. (2019). Peran Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Penang dalam Perlindungan Tenaga Kerja Wanita pada Masa Penempatan. Retrieved July 12, 2022 from http://eprints.undip.ac.id/73904/ Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022, 6). Retrieved 8 15, 2022 from https://apjii.or.id Boyer, L., Brunner, B. R., Charles, T., & Coleman, P. (2006). Managing Impessions in Avirtual Environment: Is Ethnic Diversity a Self- Presentation Strategy for Colleges and Universities. Journal of Computer-Mediated Communication , 12(1), 1-15. Burns, R. B. (1993). Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku) (Terjemahan oleh: Eddy). Jakarta: Arcan. Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Databoks. (2021, Agustus 3). Retrieved Mei 10, 2022 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/ 03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak- indonesia-urutan-berapa detik.com. (2021, 2 23). Retrieved 10 5, 2022 from https://inet.detik.com/cyberlife/d- 5407834/pengguna-aktif-medsos-ri-170-juta-bisa- main-3-jam-sehari Haroen, D. (2014). Personal Branding: kunci kesuksean berkiprah di dunia politik. Jakarta: Gramedia. Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia , 3. Husserl, E. (1964). The Phenomenology of Internal Time-Consciousness (terj. James S. Churchill, ed. Martin Heidegger). The Hauge: Martinus Niijhoff. Kietzmann, J. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons , 241. Loftland, J., & Loftland, L. H. (1984). Analyzing Social Setting. California: Wadsworth Publishing Company. Luttrel, R. (2015). Media Sosial: How To Engage, Share, and Connect. United Kingdom: Rowman & Littlefield. McNally, D., & Speak, K. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. McNally, D., & Speak, K. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Montoya, P. (2002). The Personal Branding Phenomenon. Nashville: Vaughan Printing . Montoya, P. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Montoya, P., & Vandehey, T. (2009). The Brand Called You: Create a Personal Brand That Wins Attentions and Grows Your Business. New York: McGraw Hill. Parengkuan, & Tumweu, E. B. (2014). Personal Brandi- inc : rahasia untuk sukses dan bertahan di karir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Patton, M. Q. (1987). How to use qualitative methods in evaluation (No. 4). Sage. Puteri Indonesia. (2022, 12 10). Retrieved 12 10, 2022 from www.puteriindonesia.com Rampersad, H. K. (2008). Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM. Riawati Kurnia, P. (2018). Personal Brandig Seorang Puteri. Retrieved 10 2021, 3 from https://dev.ppm- manajemen.ac.id/id_ID/blog/artikel-manajemen- 18/post/personal-branding-seorang-puteri-1467 Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Riyanto, A. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA. Tamimy, M. (2017). Sharing-mu, personal branding-mu. Jakarta: Visi Media Pustaka. WowKeren. (2019, 03 12). Retrieved 10 10, 2021 from Rating Acara Puteri Indonesia 2019 Yang Tinggi Disambut Gembira Para Pageant Lovers:
Commercium. Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023, 100- 107 https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00248011. html Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 208
,
PDF Downloads: 242