PERSONAL BRANDING PUTERI INDONESIA JAWA TIMUR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Penulis

  • Ekawati Hariyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftahul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56239

Kata Kunci:

Personal Branding, Puteri Indonesia, Instagram

Abstrak

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang terus mengalami pertumbuhan penggunaan di Indonesia, hal ini

sangat penting bagi publik figur untuk mencerminkan bagaimana mereka membedakan diri baik dalam kehidupan nyata

maupun di media sosial. Sebagai Puteri Indonesia Jawa Timur, mereka pasti memiliki personal branding mereka sendiri.

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme, menggunakan metode studi

kasus dan teori personal branding. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara

mendalam, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga informan secara autentik

menampilkan personal branding mereka di akun Instagram mereka dengan menunjukkan kesejajaran antara apa yang

mereka paparkan di platform media sosial dan kehidupan sehari-hari mereka. Personal branding yang mereka

perlihatkan sebagai Puteri Indonesia Jawa Timur ditandai dengan keaslian, tanpa manipulasi citra, dan rendah hati.

Mereka juga berinteraksi dengan pengikut mereka tidak hanya dengan memamerkan konten personal branding, tetapi

juga melalui fitur tanya jawab untuk menyampaikan pesan personal branding mereka dengan cepat dan mudah.

Kata Kunci : Personal Branding, Puteri Indonesia, Instagram

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, A. N. (2019). Peran Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Penang dalam Perlindungan Tenaga Kerja Wanita pada Masa Penempatan. Retrieved July 12, 2022 from http://eprints.undip.ac.id/73904/ Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022, 6). Retrieved 8 15, 2022 from https://apjii.or.id Boyer, L., Brunner, B. R., Charles, T., & Coleman, P. (2006). Managing Impessions in Avirtual Environment: Is Ethnic Diversity a Self- Presentation Strategy for Colleges and Universities. Journal of Computer-Mediated Communication , 12(1), 1-15. Burns, R. B. (1993). Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku) (Terjemahan oleh: Eddy). Jakarta: Arcan. Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Databoks. (2021, Agustus 3). Retrieved Mei 10, 2022 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/ 03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak- indonesia-urutan-berapa detik.com. (2021, 2 23). Retrieved 10 5, 2022 from https://inet.detik.com/cyberlife/d- 5407834/pengguna-aktif-medsos-ri-170-juta-bisa- main-3-jam-sehari Haroen, D. (2014). Personal Branding: kunci kesuksean berkiprah di dunia politik. Jakarta: Gramedia. Hidayat, D. N. (2003). Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia , 3. Husserl, E. (1964). The Phenomenology of Internal Time-Consciousness (terj. James S. Churchill, ed. Martin Heidegger). The Hauge: Martinus Niijhoff. Kietzmann, J. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons , 241. Loftland, J., & Loftland, L. H. (1984). Analyzing Social Setting. California: Wadsworth Publishing Company. Luttrel, R. (2015). Media Sosial: How To Engage, Share, and Connect. United Kingdom: Rowman & Littlefield. McNally, D., & Speak, K. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. McNally, D., & Speak, K. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal Brand yang Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Montoya, P. (2002). The Personal Branding Phenomenon. Nashville: Vaughan Printing . Montoya, P. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Montoya, P., & Vandehey, T. (2009). The Brand Called You: Create a Personal Brand That Wins Attentions and Grows Your Business. New York: McGraw Hill. Parengkuan, & Tumweu, E. B. (2014). Personal Brandi- inc : rahasia untuk sukses dan bertahan di karir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Patton, M. Q. (1987). How to use qualitative methods in evaluation (No. 4). Sage. Puteri Indonesia. (2022, 12 10). Retrieved 12 10, 2022 from www.puteriindonesia.com Rampersad, H. K. (2008). Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM. Riawati Kurnia, P. (2018). Personal Brandig Seorang Puteri. Retrieved 10 2021, 3 from https://dev.ppm- manajemen.ac.id/id_ID/blog/artikel-manajemen- 18/post/personal-branding-seorang-puteri-1467 Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Riyanto, A. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA. Tamimy, M. (2017). Sharing-mu, personal branding-mu. Jakarta: Visi Media Pustaka. WowKeren. (2019, 03 12). Retrieved 10 10, 2021 from Rating Acara Puteri Indonesia 2019 Yang Tinggi Disambut Gembira Para Pageant Lovers:

Commercium. Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023, 100- 107 https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00248011. html Yendra. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Deepublish.

Diterbitkan

2023-07-27

Cara Mengutip

Hariyanti, E., & Huda, A. M. (2023). PERSONAL BRANDING PUTERI INDONESIA JAWA TIMUR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. The Commercium, 7(2), 100–107. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56239

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 208 , PDF Downloads: 242