REPRESENTASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN BILLBOARD RABBANI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56329Kata Kunci:
Representasi, Iklan, RabbaniAbstrak
Iklan adalah sebuah pesan menarik yang memiliki tujuan untuk membujuk seseorang agar membeli sebuah produk atau jasa. Agar menarik perhatian calon pembeli, brand Rabbani membuat iklan yang cukup kontroversial di tengah masyarakat, sedangkan Rabbani sendiri selalu mengusung nilai agama dalam setiap iklan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nilai agama dari iklan billboard Rabbani khususnya iklan kerudung untuk anak sekolah. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pegumpulan data dengan mengumpulkan seluruh elemen iklan dan menganalisisnya menggunakan teori segitiga makna Charles Sanders Peirce. Berdasarkan hasil analisis, representasi nilai agama dari iklan billboard Rabbani ini menggambarkan tentang nilai adab dalam tertawa serta nilai syariat yaitu kewajibab menutup aurat dengan kerudung untuk perempuan.
Unduhan
Referensi
Hidayat, S (2002) Metode Penelitian. Bandung: Bandar Maju
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu
Majid, A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Santoso, S (2009). Creative Advertising. Jakarta: Gramedia
Uwaidah, S. K. M. (1998) Fiqih Wanita Edisi Lengkap. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Wibowo, (2011) Manajemen Kinerja. Jakarta: Grafindo Persada
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

