REPRESENTASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN BILLBOARD RABBANI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Penulis

  • Nadia Lidzikri Kamila Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Danang Tandyonomanu, S.Sos., M.Si. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56329

Kata Kunci:

Representasi, Iklan, Rabbani

Abstrak

Iklan adalah sebuah pesan menarik yang memiliki tujuan untuk membujuk seseorang agar membeli sebuah produk atau jasa. Agar menarik perhatian calon pembeli, brand Rabbani membuat iklan yang cukup kontroversial di tengah masyarakat, sedangkan Rabbani sendiri selalu mengusung nilai agama dalam setiap iklan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nilai agama dari iklan billboard Rabbani khususnya iklan kerudung untuk anak sekolah. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pegumpulan data dengan mengumpulkan seluruh elemen iklan dan menganalisisnya menggunakan teori segitiga makna Charles Sanders Peirce. Berdasarkan hasil analisis, representasi nilai agama dari iklan billboard Rabbani ini menggambarkan tentang nilai adab dalam tertawa serta nilai syariat yaitu kewajibab menutup aurat dengan kerudung untuk perempuan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayat, S (2002) Metode Penelitian. Bandung: Bandar Maju

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu

Majid, A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Santoso, S (2009). Creative Advertising. Jakarta: Gramedia

Uwaidah, S. K. M. (1998) Fiqih Wanita Edisi Lengkap. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Wibowo, (2011) Manajemen Kinerja. Jakarta: Grafindo Persada

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

Kamila, N. L., & S.Sos., M.Si., D. D. T. (2023). REPRESENTASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN BILLBOARD RABBANI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). The Commercium, 7(2), 148–152. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56329

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 122