STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA DESA WISATA BEJIONG DALAM MENCAPAI ANUGERAH DESA WISATA INDONESIA

Penulis

  • Annisa Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Tatak Setiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.56704

Kata Kunci:

Strategi, pariwisata, pemasaran.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Lembaga Desa Wisata Bejijong dalam mengikuti Awarding Desa Wisata Indonesia, sebuah ajang yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif, yaitu melakukan observasi secara langsung untuk menyelidiki fenomena atau sosial manusia. Informan utama adalah sekretaris desa wisata bejijong, ketua lembaga desa wisata bejijong dan perwakilan anggota lembaga desa wisata bejijong. Adapun beberapa informan pendukung yang diambil peneliti dari wisatawan yang berkunjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan Lembaga Desa Wisata adalah marketing mix 7p product, price, place, promotion, people, physical eviden, dan process. Terdapat juga temuan pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan Lembaga Desa Wisata. Faktor pendukung antara lain pengelolaan manjemen yag didalamnya tedapat pelayanan, lokasi bersejarah dan dukungan masyarakat, lkasi bersih, rapi dan unik . Faktor penghambat yaitu sumber daya alam dan bahasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-03

Cara Mengutip

Rahmawati, A., & Setiadi, T. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA DESA WISATA BEJIONG DALAM MENCAPAI ANUGERAH DESA WISATA INDONESIA. The Commercium, 7(3), 67–76. https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.56704

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 147 , PDF Downloads: 173