PENGARUH BRAND AMBASSADOR K-POP DAN CITRA MEREK LOKAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MEREK WHITELAB DI INDONESIA

Penulis

  • Yenni Ashariyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Fitri Norhabibah, S.I.Kom., M.I.Kom. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.57521

Kata Kunci:

Brand Ambassador K-pop, Citra Merek Lokal, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Komunikasi pemasaran menjadi bagian penting dari keputusan pembelian konsumen terhadap suatu merek. Perusahaan memilih brand ambassador atas dasar tujuan yang serupa yakni ingin membujuk dan mengundang konsumen serta masyarakat guna membeli produk yang ditawarkan. Berdiri di bulan Maret tahun 2020 lalu Whitelab merupakan skincare yang berhasil menduduki peringkat ke-lima dengan kategori skincare lokal terlaris di e-commerce. Citra merek merupakan sebuah gambaran tentang tingkat keyakinan serta kepercayaan konsumen kepada suatu merek tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand ambassador K-pop dan citra merek lokal terhadap keputusan pembelian skincare merek Whitelab. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai tanggapan terhadap brand ambassador K-pop, citra merek lokal, dan keputusan pembelian. Sedangkan studi kepustakaan digunakan untuk analisis teoritis mengenai brand ambassador K-pop, citra merek lokal, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Brand ambassador K-pop tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian skincare merek Whitelab. 2. Citra merek lokal  berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian skincare merek Whitelab. 3. Brand ambassador K-pop dan citra merek lokal berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian skincare merek Whitelab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-11-21

Cara Mengutip

Ashariyanti, Y., & Norhabibah, S.I.Kom., M.I.Kom., F. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR K-POP DAN CITRA MEREK LOKAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MEREK WHITELAB DI INDONESIA. The Commercium, 7(3), 129–138. https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.57521

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 360 , PDF Downloads: 377