KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SSB PANDANARAN BOYOLALI

Penulis

  • Puput Febriyanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.63719

Kata Kunci:

Komunikasi pemasaran terpadu, sekolah sepakbola, Bauran pemasaran

Abstrak

Dalam sepak bola, membangun citra adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mencapai pertumbuhan yang baik dan kesuksesan jangka panjang yang bertahan lama. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran strategi komunikasi pemasaran terpadu serta tantangan dan hambatan yang dihadapi pengurus SSB Pandanaran Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah pihak manajemen, siswa, orang tua, dan masyarakat di Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) komunikasi pemasaran terpadu berperan dalam menyampaikan informasi tentang keberadaan SSB Pandanaran Boyolali. 2) strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan SSB Pandanaran Boyolali melalui bauran promosi yaitu periklanan, pemasaran langsung, penjualan personal, pemasaran internet, dan hubungan masyarakat. 3) Kurangnya kesadaran membayar menjadi kendala pengurus SSB Pandanaran Boyolali. 4) Budaya sepak bola di Boyolali yang bisa lebih tegas sehingga menjadi tantangan bagi pihak manajemen untuk mengajak banyak orang mengikuti dan bergabung di SSB Pandanaran Boyolali. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan SSB Pandanaran telah berjalan dengan baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-08-12

Cara Mengutip

Febriyanto, P. (2024). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENGEMBANGKAN CITRA SSB PANDANARAN BOYOLALI. The Commercium, 9(1), 41–47. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.63719

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 31