ANALISIS ISI PESAN EDUKASI SERIAL ANIMASI “RIKO THE SERIES” SEBAGAI NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64165Kata Kunci:
Analisis Wacana, Edukasi, Nilai Karakter Peduli Sosial, Riko The SeriesAbstrak
Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat terutama pada bidang komunikasi dan informasi. Banyak orang yang masih belum menyadari banyak media sosial yang menyajikan konten edukasi untuk bahan pengajaran. Youtube menjadi salah satu media sosial yang sudah menjadi sarana pembelajaran, salah satunya channel Youtube Riko The Series. Pada serial animasi Riko The Series juga terdapat beberapa pesan Edukasi yang terkandung di dalamnya, salah satunya ialah Nilai Karakter Peduli Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian analisis wacana yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti akan meneliti isi pesan Edukasi pada Serial Animasi Riko The Series yang terdapat nilai karakter peduli sosial dengan menggunakan model analisis wacana Teun A. Van Dijk yaitu pada Episode 1,2,3,8, dan 15. Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan secara keseluruhan bahwa pada Episode 1,2,3,8, 15 terdapat nilai karakter peduli sosial yang terdiri atas : a). Tolong-Menolong, b). Saling Meminta Maaf, c). Peduli Sesama, d). Saling Mengingatkan, e). Memaafkan. Melalui strategi wacana model Teun A. Van Dijk, penulis menemukan bahwa, informasi dalam setiap kalimat yang terdapat dalam dialog serial animasi "Riko The Series" berhubungan dengan informasi dalam kalimat lainnya, serta memiliki unsur-unsur koherensi di dalamnya, sehingga terbentuklah struktur wacana berupa bentuk dan makna. Penokohannya juga terlihat memiliki karakter yang kuat. Analisis wacana Teun A. Van Dijk juga menangkap informasi bahwa, animasi "Riko The Series" merupakan salah satu animasi yang memiliki karakter peduli sosial sesuai dengan perkembangan sikap sosial anak usia dini.
Unduhan
Referensi
Abdillah, & Rahmat Hidayat. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya.
Agung, Putry, dan Yulistyas Dwi Asmira. 2018. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermain Peran di Tk Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung.” Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini 1 (02): 139–58.
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Ambar. (2017). Model Komunikasi Lasswell – Konsep – Kelebihan – Kekurangan.
Anggito, A., dan Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. https://books.google.co.id/books/about/metodologi_penelitian_kualitatif.html?id
=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=kp_read_button&redir_esc= y#v=onepage&q&f=false
Cody, M. J., & Rogers, E. M. (n.d.). Entertainment-Education and Social Change.
DeVito, Joseph A.1992. The Interpersonal Communication. Sixth Edition. New York: Harper and Collins Publisher.
Effendy, Onong Uchjana, 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. PRENADAMEDIA GROUP
Fairclough, N. (1992). Discourse and text: Linguistic and intertextual analysis within discourse analysis. Discourse & society, 3(2), 193-217.
Hazizah, L., Fitriana, A., & Lubis, F. M. (2021). Analisis Pesan Moral pada Tayangan Animasi Riko The Series “ Episode 1 - 10 Season 2 ” untuk Mengedukasi Anak -Anak ( Analisis Semiotika Roland Barthes ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5342–5346.
HERAWATI, A. (2016). Analisis Isi Pesan Edukasi Dalam Tayangan Kartun Animasi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33627
Hutami, Dian. 2020. Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak: Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial. Yogjakarta: Cosmic Media Nusantara.
Jailani, M. S. (2013). Kasih sayang dan kelembutan dalam pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4, 100–109. https://media.neliti.com/media/publications/56476-ID-kasih-sayang-dan- kelembutan-dalam-pendid.pdf
McCullough, M. E., Worthington, E. L. . J., & Rachal, K. C. (1997). Interpersonal forgiving in close relationships. Journal of Personality and Social Psychology, 73(2), 321–336. https://doi.org/10.1037//0022-3514.73.2.321
Nan, A., Si, T., & Jaba, M. (n.d.). Direktorat udayaan NILAI-NILAI BUDA YA DALAM NASKAH.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, I(1), 24-44.
Rachmah, L. (2021). Nilai-Nilai Akhlak Dalam Youtube Serial Animasi Keluarga Riko The Series. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/
Rosidah, S. W. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Program Animasi Serial Riko The Series Dan Relevansinya Terhadap Penguatan Karakter Peserta Didik. Repository.Uinsaizu.Ac.Id, 42. http://repository.uinsaizu.ac.id/14411/1/SITI WASILATUR ROSIDAH_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PROGRAM ANIMASI SERIAL RIKO THE SERIES DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK.pdf
Ruben, Brent D, Stewart, Lea P. 2005. Communications and Human Behaviour. Alyn and Bacon; USAVan Dijk, T. A. (1997). What is political discourse analysis. Belgian journal of linguistics, 11(1), 11-52.
Wicaksono, M. E., Mayangsari, I. D., & Aprianti, A. (2015). Analisis isi Program Acara Edutainment di Televisi Swasta Nasional. E-Proceeding of Management, 2(3), 4264–4272.
Saputra, A. (2020, Februari 10). Teuku Wisnu Berikan Tayangan Bermanfaat dengan Riko The Series. Liputan6. https://www.liputan6.com/showbiz/read/4175825/teuku-wisnu-berikan- tayangan-bermanfaat-dengan-riko-the-series?page=5
Salsabil, A. (2022). PESAN AKHLAK DALAM ANIMASI RIKO THE SERIES DI YOUTUBE PRODUKSI GARIS SEPULUH (Kajian Analisis Semiotika Roland Barthes). Repository.Uinjkt, 86. http://repository.uinsaizu.ac.id/12795/%0Ahttp://repository.uinsaizu.ac.id/12795/2/
Salsabil Aulia_Pesan Akhlak Dalam Animasi Riko The Series Di Youtube Produksi Garis Sepuluh %28Kajian Analisis Semiotika Roland Barthes%29.pdf
Sabido, M. (2004). The origins of entertainment-education. In A. Singhal, M. J. Cody, E. M. Rogers, & M. Sabido (Eds.), Entertainment-education and social change: History, research, and practice (pp. 61–74). New York: Routledge.
Singhal, A., & Rogers, E. M. (1989). Educating through television. Populi, 16(2), 38- 47.
Singhal, Arvind. 2004. Entertainment Education and Social Change: History, Research and Practice, (London: Lawrence Erlbaum Associate).
Singhal, A., & Rogers, E. (2012). Entertainment-education: A communication strategy for social change. Routledge.
Soekarno, B., & Mujiwati Sri, E. (2015). Peningkatan Nilai Kepedulian Sosial Melalui Modifikasi Model Pembelajaran Konsiderasi Pada Mahasiswa Tingkat I Program Studi PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Karakter, 26, 35–36.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100
Triyana, R. T., Husna, J. N., Jannah, U., & Kusuma, R. A. (2019). Pengujian Efek Apologize Terhadap Forgiveness. 58–67.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

