Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Edukasi Seni Kampung Dongeng Jombang dalam Membangun Brand Awareness
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64282Kata Kunci:
komunikasi pemasaran, wisata edukasi, brand awarenessAbstrak
Kampung Dongeng atau yang biasa disebut (KaDo) menjadi salah satu wisata edukasi seni diantara destinasi wisata lain di Kabupaten Jombang yang menyediakan kegiatan-kegiatan berbeda satu dengan yang lain. Perlu adanya sebuah bentuk interaksi agar tujuan dan sasaran pemasaran dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan Kampung Dongeng Jombang dalam membangun brand awareness. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ditemukan bahwa Kampung dongeng Jombang berfokus pada 5 aspek yaitu promosi melalui publicity and public relations, Event and Experience, Personal Selling, Internet, dan Word of Mouth dan Product, price, people, Physical Evidance yang menunjang promosi. Strategi Komunikasi Pemasaran untuk membangun brand awareness yang dilakukan Kampung Dongeng Kabupaten Jombang berhasil dilakukan dan membuat masyarakat dari Unware menjadi mulai mengenali dan sadar adanya wisata edukasi Kampung Dongeng Jombang.
Unduhan
Referensi
Aji Bayu Murti. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gunungapi Merapi dan Museum Affandi Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung” Ilmu Komunikasi 1-148.
Basori, M., & Sudarti, S. (2017). Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Kabupaten Jombang Tahun 2011-2015. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(4), 430-440.
Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Issue July). Pasuruan: Qiara Media.
Gorda, A. N. E. S., Anggreswari, N. P. Y., & Parasari, N. S. M. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Bagus Agro Plaga Resort. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(2), 245-260.
Hanan, H. (2023). Program" Pekan Ceria" sebagai Upaya Pemasaran Wisata Edukasi Seni di Kampung Dongeng Tangerang Selatan (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

