Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Edukasi Seni Kampung Dongeng Jombang dalam Membangun Brand Awareness

Penulis

  • Mita Alfiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tatak Setiadi, M.A. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64282

Kata Kunci:

komunikasi pemasaran, wisata edukasi, brand awareness

Abstrak

Kampung Dongeng atau yang biasa disebut (KaDo) menjadi salah satu wisata edukasi seni diantara destinasi wisata lain di Kabupaten Jombang yang  menyediakan kegiatan-kegiatan berbeda satu dengan yang lain. Perlu adanya sebuah bentuk interaksi agar tujuan dan sasaran pemasaran dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi Komunikasi pemasaran yang dilakukan Kampung Dongeng Jombang dalam membangun brand awareness. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian ditemukan bahwa Kampung dongeng Jombang berfokus pada 5 aspek yaitu promosi melalui publicity and public relations, Event and Experience, Personal Selling, Internet, dan Word of Mouth dan Product, price, people, Physical Evidance yang menunjang promosi. Strategi Komunikasi Pemasaran untuk membangun brand awareness yang dilakukan Kampung Dongeng Kabupaten Jombang berhasil dilakukan dan membuat masyarakat dari Unware menjadi mulai mengenali dan sadar adanya wisata edukasi Kampung Dongeng Jombang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji Bayu Murti. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gunungapi Merapi dan Museum Affandi Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung” Ilmu Komunikasi 1-148.

Basori, M., & Sudarti, S. (2017). Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Kabupaten Jombang Tahun 2011-2015. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(4), 430-440.

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Issue July). Pasuruan: Qiara Media.

Gorda, A. N. E. S., Anggreswari, N. P. Y., & Parasari, N. S. M. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Bagus Agro Plaga Resort. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(2), 245-260.

Hanan, H. (2023). Program" Pekan Ceria" sebagai Upaya Pemasaran Wisata Edukasi Seni di Kampung Dongeng Tangerang Selatan (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Diterbitkan

2024-10-26

Cara Mengutip

Alfiana, M., & M.A., T. S. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Edukasi Seni Kampung Dongeng Jombang dalam Membangun Brand Awareness. The Commercium, 9(1), 88–99. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64282

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 103 , PDF Downloads: 93