Strategi Humas Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Jawa Timur 1 dalam Meningkatkan Kepatuhan Pembayaran Pajak Tahunan
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64603Kata Kunci:
edukasi pajak, kepatuhan pajak, strategi humas, humasAbstrak
Pajak sangat berperan pentitng dalam perekonomian Indonesia dan menjadi sumber utama penghasilan negara. Direktorat jenderal pajak Kantor Wilayah Jawa Timur 1 di Surabaya bertanggung jawab dalam memastikan kepatuhan wajib pajak. Pemerintah sudah melakukan berbagai Upaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Dengan peran humas, DJP mengedukasi Masyarakat, memperkuat hubungan masyarakat, serta menambah citra baik DJP untuk meraih target pajak setiap tahunnya. Pengamatan ini bermaksud untuk mengidentifikasi rancangan humas DJP Kanwil Jatim 1 dalam menambah kepatuhan pajak tahunan. Pengamatan ini memakai metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengamat mengumpulkan data melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil memperlihatkan jika rancangan humas DJP Kanwil Jatim 1 efektif dalam menambah kepatuhan pajak tahunan. Survei memperlihatkan Tingkat efektivitas kehumasan bervariasi, dengan puncak tertinggi di tahun 2024 (97,25%) setelah mengalami penurunan pada 2023. Melalui pemanfaatan media sosialUnduhan
Referensi
Alamri, M. H., Mingkid, E., & Kalesaran, E. R. (2021). Peran Humas Kantor Pelayanan Pajak Pratama (Kppp) Manado Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak. Acta Diurna Komunikasi, 3(3).
Alfreda, E., & Witono, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas DJP dalam Mengedukasi Perpajakan Pada Generasi Z Melalui Tiktok. Cakrawala Repositori IMWI, 5(2), 458-470.
Arsandi, S. A., & Ahmad, N. (2022). Kebijakan Inklusi Kesadaran Pajak serta Strategi Komunikasi DJP: Studi Kasus Program Pajak Bertutur. Jurnal Jati, 5(1), 18-23.
BASRA. (2024, Apr 27). Miris, Minat Baca Masyarakat Surabaya Kalah Dibanding Warga Gunung Kidul. Kumparan.com. Diakses pada 19 Oktober 2024. https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/miris-minat-baca-masyarakat-surabaya-kalah-dibanding-warga-gunung-kidul-22d4XMnkCer
Direktur Jenderal Pajak. (2022). Struktur Organisasi. Pajak.go.id. Diakses Pada 11 November 2024. https://www.pajak.go.id/id/struktur-organisasi
Gultom, D. N., Salsabila, L., Lodan, K. T., Dompak, T., & Hairi, M. I. A. (2023). Peran Humas Pemerintah pada Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak di Kota Batam. Jurnal Studi Pemerintahan serta Akuntabilitas, 3(1), 17-29.
Gustia, I. N. (2020). Pengaruh Kegiatan Public Relations Dan Media Komunikasi Terhadap Citra Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Barat Dan Jambi. Universitas Andalas.
Herlina, S. (2015). Strategi komunikasi humas dalam membentuk citra pemerintahan di kota malang. Jurnal Ilmu Sosial serta Ilmu Politik (JISIP,) 4(3).
IKPI. (2023, Mar 21). Banyak Masyarakat yang Belum Paham, IKPI Surabaya Gelar Sosialisasi SPT OP. Ikpi.or.id. Diakses pada 19 Oktober 2024. https://ikpi.or.id/banyak-masyarakat-yang-belum-paham-ikpi-surabaya-gelar-sosialisasi-spt-op/
Isnaeni, H. F. (2021, Okt 4). Jejak Direktorat Pajak. Mediakeuangan.kemenkeu.go.id. Diakses pada 11 November 2024. https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/jejak-direktorat-pajak
Kabar Aktualita. (2023, Jan 1). Awali Tahun 2023, Kanwil DJP Jatim I Raih Predikat WBBM. Kabaraktualita.com. Diakses pada 11 November 2024. https://www.kabaraktualita.com/2023/01/06/awali-tahun-2023-kanwil-djp-jatim-i-raih-predikat-wbbm/
Lubis, E. E. (2012). Peran humas dalam membentuk citra pemerintah. Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara). 12(1).
Menteri Keuangan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62/PMK.01/2009. Jdih.kemenkeu.go.id. Diakses pada 11 November 2024. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2009/62~pmk.01~2009per.htm
Muc Consulting Group. (2020, May 19). Ini Sejumlah Alasan yang Membuat WP Malas maupun Telat Lapor SPT. Mucglobal.com. Diakses pada 19 Oktober 2024. https://mucglobal.com/id/news/2113/ini-sejumlah-alasan-yang-membuat-wp-malas-maupun-telat-lapor-spt
Portal Tuban. (2023, Jul 21). DJP Got Talent, Kanwil DJP Jawa Timur I Sabet Juara. Portaltuban.id. Diakses pada 11 November 2024. https://portaltuban.id/berita/djp-got-talent-kanwil-djp-jawa-timur-i-sabet-juara/
Rasyidi, W., & Salim, M. (2022). Strategi Marketing Public Relations Hotel Neo Malioboro dalam Meningkatkan Pengunjung di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Communication Sciences (JCoS), 4(2).
Rini, K. S., Sugeng, R., and Herru, P. W. (2017). Peran humas dalam menambah citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Ilmu Sosial serta Ilmu Politik (JISIP). 6(1).
Sefiyani, D., & Sriwartini, Y. (2020). Pengaruh Kampanye Pajak Terhadap Kesadaran Masyarakat Melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT): Survei Kepada Karyawan BPJS Kantor Wilayah Jakarta Timur. Ilmu Dan Budaya, 41(69).
Septiyani, N. M., Kom, S. I., Prismadani, N. G., Nur Cahyo Agung Prasetyo, S. S. T., Salsabila, O. L., Listiyoningsih, R. (2024). Manifestasi Public Relations Di Era Digital 4.0. Nas Media Pustaka.
Syadat, F. A., Kusyeni, R., & Fauziah, E. (2022). Analisis efektivitas edukasi perpajakan untuk generasi milenial melalui media sosial Instagram dalam rangka menambah kesadaran wajib pajak (studi kasus di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II). Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 9(1), 70-81.
Ulfa, M., & Aribowo, I. (2021). Strategi Meningkatkan Kesadaran serta Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Indonesia. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 3(1), 64- 71.
Utami, P. D., & Helmy, H. (2016). Pengaruh tarif pajak, teknologi informasi perpajakan, serta keadilan sistem pada penggelapan pajak: Studi empiris pada WPOP yang melakukan usaha di Kota Padang. Wahana Riset Akuntansi, 4(2), 893-904.
Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan serta rancangan komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Lentera, 17(1).
Zamzami, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 25-35.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 165
,
PDF Downloads: 213