STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KURINER INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI TUBAN

Penulis

  • YUSUF ARIMATHEA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65721

Kata Kunci:

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Transportasi Online, Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Kuriner Indonesia dalam upaya meningkatkan penjualan. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kuriner Indonesia Kuriner Indonesia memberikan layanan jasa dengan harga terjangkau namun tetap memberikan kualitas pelayanan yang baik. Kuriner juga menerima permintaan pesanan unik dari konsumennya. Strategi promosi yaitu publikasi pada artikel online , memanfatkan media sosial, melakukan kegiatan promosi secara mulut ke mulut, serta melakukan support dan sponsorship event . Kuriner menyediakan jasanya untuk dapat dipesan diseluruh wilayah daerah Tuban. Kuriner Indonesia menargetkan semua masyarakat Tuban dari seluruh kalangan termasuk sekelompok konsumen yang memiliki permintaan khusus dan unik. Menggunakan aplikasi WhatsApp untuk memesan layanannya. Memberikan beberapa layanan fisik seperti kelengkapan atribut yang digunakan driver dan penumpang (helm dan masker), box makanan, box barang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Agus, H. (2012). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.

Anwar, A. A. (2017). Online Vs Konvensional: Keunggulan dan konflik antar moda transportasi di Kota Makassar. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, 2(2), 220-246.

Arian, D. W. (2014). Manajemen Operasi Jasa. Manajemen Operasi, 1–65.

Asriyadi, D. (2019). Strategi Pemasaran PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Mimbar Administrasi, 16(2), 50-59

Aziah Ayu, P. R. (2018). Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Jurnal Cakrawala Volume 18 No 2, 18, 149–156. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.107

Damayanti, S. A. S. (2017). Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-Jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Dewi, R. C. P. (2020). Strategi komunikasi pemasaran melalui media instagram (Studi kasus pemasaran produk pada akun instagram@ Homedia. id) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran Edisi-4, Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.

Hardani, H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 162.

Hasri Mustiar. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication (IMC)) yang Diterapkan oleh Re Cafe Platinum Pekan Baru dalam Meningkatkan Pelanggan. Jom FISIP, 4(2), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/183768- ID-partisipasi-masyarakat-dalam-pelaksanaan.pdf

Hermaan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, S. (2018). Pengembangan Modul Berbasi Komputer Untuk Aplikasi Mausu’h Dalam Penelitian Hadis Oleh Mahasiwa. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 1(1), 1-42.

Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziati, S. (2017). Analisis faktor keberhasilan startup digital di Yogyakarta. Prosiding Snatif, 167-173.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Menejemen Pemasaran. Penerbit: Erlanggga. Jakarta.

Kotler Philip, K. K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Keti). Erlangga.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83-98.

Kusmarni, Y. (2012). Studi kasus.UGM Jurnal Edu UGM Press, 2.

Iubilio, I. (2021). Peran marketing communication dalam branding start up kopi dari kami.

Lupiyoadi Rambat, A. H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2 (Edisi 2). Salemba Empat.

Mahayuni, P. Y. A., Purnawan, N. L. R., Cahyani, D. Y., Sos, S., & Si, M. (2017). STREATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PT. GO-JEK INDONESIA BRANCH BALi DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS.

Musfar, T. F., & Se, M. M. (2020). Buku ajar manajemen pemasaran: Bauran pemasaran sebagai materi pokok dalam manajemen pemasaran. Media Sains Indonesia.

Nasiha Sholehatun. (2010). Strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communications) Dalam Mengokohkan Brand Dagadu Djokdja (Studi Deskriptif pada PT. Aseli Dagadu Djokdja Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

NUGROHO, F. A. (2022). Startup Lokal Anak Bangsa Dalam Pusaran Persaingan Bisnis (Studi Kasus Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Jogjakita Dalam Menghadirkan Eksistensi Dalam Pusaran Persaingan Bisnis Startup Tahun 2021) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Prenada Media.

Pribadiono, A. (2016). Transportasi Online Vs Transportasi Tradisional Non-Online Persaingan Tidak Sehat Aspek Pemanfaatan Aplikasi Oleh Penyelenggara Online. Lex Jurnalica, 13(2), 126– 128.

Rismayanti, P. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Deskriptif Kualitatif Akivitas Promosi Pada Akun Instagram@ kedai_digital) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).

Sari, S. W. A., Jamaludin, J., & Jamilah, J. (2020). Implementasi Marketing Grab dalam Menarik Minat Konsumen di Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi).

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulistyastuti, I. A. A. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Gojek Dalam Menarik Minat Pelanggan (studi kasus Gojek di Wilayah Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Wisataone, V. (2021). Strategi Integrated Marketing Communication Organisasi Nirlaba. Penerbit NEM.

YULIANTI, Y. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Miandsha Shop, Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Zulmianita, P., & Bahari, A. F. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Angkutan Online (GrabCar) di Kota Makassar. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 95-10

Diterbitkan

2025-01-20

Cara Mengutip

ARIMATHEA, Y., & Anam Miftakhul Huda. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KURINER INDONESIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI TUBAN. The Commercium, 9(1), 339–353. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65721

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 140 , PDF Downloads: 82