PENGARUH LIVE STREAMING SHOPEE EDISI BIG RAMADHAN SALE 2024 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAAT SAHUR PADA MAHASISWA PERANTAUAN DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65851Kata Kunci:
Kata Kunci: Live streaming, Keputusan Pembelian, Promosi Digital, Shopee Big Ramadhan SaleAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian mahasiswa perantauan di Surabaya selama acara Shopee Big Ramadhan Sale 2024. Dengan melibatkan 334 responden, penelitian ini mengevaluasi sejauh mana indikator kualitas produk, kredbilitas host dan promosi (diskon & waktu) dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pendekatan penelitian yang digunakan di penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data berupa Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji heteroskedastisitas, Uji Linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi live streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kontribusi sebesar 43,1% dan waktu sahur selama Ramadhan menjadi momen yang efektif.
Kata Kunci: Live streaming, Keputusan Pembelian, Promosi Digital, Shopee Big Ramadhan Sale
Unduhan
Referensi
HARDIYANTO, N., GUNAWAN, A. I., RAFDINAL, W., & AFIF, N. C. (2020, DESEMBER). ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL RISET BISNIS DAN INVESTASI, 6(1), 127. HTTPS://JURNAL.POLBAN.AC.ID/AN/ARTICLE/VIEW/2246
ROCHMANSYAH, E., PUTRI, D., IKROM, M., & SOPIYAN, W. (2023, MARET). DAMPAK KECANDUAN BELANJA ONLINE YANG DIALAMI GENERASI MUDA TERHADAP IKLAN FLASH SALE SHOPEE DI TELEVISI DI ERA PASCA PANDEMI COVID 19. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 3(12), 26. HTTPS://E-JOURNAL.IAI-AL-AZHAAR.AC.ID/INDEX.PHP/IDAROH/INDEX
ZUSRONY, E. (2021). PERILAKU KONSUMEN DI ERA MODERN. PENERBIT YAYASAN PRIMA AGUS TEKNIK, 1-159.
WIRAWAN, F. W., & HAPSARI, P. D. (2016). ANALISIS AISAS MODEL TERHADAP PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM INDONE
SIA STUDI KASUS: BRAND KULINER DI FILM ADA APA DENGAN CINTA 2. REKAM: JURNAL FOTOGRAFI, TELEVISI, ANIMASI, 12(2), 69-81.
WYNARTA, M. D. J. (2021). DAMPAK IKLAN SHOPEE 7.7 MEGA ELEKTRONIK SALE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN APLIKASI SHOPEE DI SURABAYA. JURNL ILMU KOMUNIKASI. HTTPS://REPOSITORY.UPNJATIM.AC.ID/2979/
PPM SOM. (2022, NOVEMBER 3). AISAS MODEL MARKETING DI ERA DIGITAL. PPM SCHOOL OF MANAGEMENT. RETRIEVED JUNI 25, 2024, FROM HTTPS://PPMSCHOOL.AC.ID/MODEL-MARKETING-AISAS/
KARUNIA, M. (2017). HTTPS://PPMSCHOOL.AC.ID/MODEL-MARKETING-AISAS/. JURNAL KOMUNIKASI. RETRIEVED JUNI 24, 2024, FROM HTTPS://PPMSCHOOL.AC.ID/MODEL-MARKETING-AISAS/
PUJIONO, A. (2021). MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GENERASI Z. DIDACHE: JOURNAL OF CHRISTIAN EDUCATION, 2(1), 1-19.
SETYOWATI, N. D., TUTIASRI, R. P., & FIETROH, M. N. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI PELAKU USAHA MAKANAN YANG TERKENA DAMPAK COVID-19. JISIP: JURNAL ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, 10(1), 73-84.
NABHAN, N. (2021). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN JASA PHOTOGRAPHY HAPPY STORIES TERHADAP KONSUMEN DI MEDAN (DOCTORAL DISSERTATION, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

