Strategi Komunikasi Pemasaran Karya Musik dalam Mempertahankan Popularitas O.M Adella

Penulis

  • Indri Indri Novita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65982

Kata Kunci:

Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, O.M Adella, musik dangdut koplo, media sosial, adaptasi digital.

Abstrak

Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran O.M Adella dalam mempertahankan popularitas di industri musik digital. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, studi ini mengeksplorasi pemanfaatan media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Instagram sebagai alat promosi utama, serta strategi branding melalui komunitas penggemar dan penjualan merchandise. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital mampu meningkatkan brand awareness melalui konten inovatif dan kolaborasi dengan pencipta lagu ternama. Pengelolaan komunitas penggemar yang terorganisir serta promosi digital mendukung ekspansi pasar secara berkelanjutan. Temuan ini memberikan wawasan bagi industri musik dalam mengoptimalkan media digital untuk mempertahankan eksistensi dan relevansi pasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A.F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.

Aditya, W. R., & Lubis, E. E. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Pada Event Tupperware Home Party Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Data, T. P. Observasi. Wawancara, Angket Dan Tes.

Dewatara, G. W., & Agustin, S. M. (2019). Pemasaran musik pada era digital digitalisasi industri musik dalam industri 4.0 di Indonesia. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 1-10.

Hananta, F. G. (2023). PERGESERAN INSTRUMENTASI DAN KARAKTERISTIK MUSIK DANGDUT ERA DIGITAL DI JAWA TIMUR. Repertoar Journal, 4(1), 14-25.

Idhar, R. (2008). Music Record Indie Label (p. 69).

Maramis, R. L. (2014). Perlindungan Hukum hak cipta atas karya musik dan lagu dalam hubungan dengan pembayaran royalti. Lex Privatum, 2(2).

Martowinangun, K., Sri Lestari, D. J., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 2(1), 139–152. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i1.162

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 19(3), 187-196.

Morrar, R., Arman, H., & Mousa, S. (2018). the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0) a Social Innovation Perspective. Engineer and Economist; Founder and Executive Chairman of the World Economic Forum, 7(23), 12–21.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). Harfa Creative.

Salsabila, A. (2020). Penerapan Manajemen Artis pada Event Alternada Tour di 5 Kota. Seminar Nasional Riset Terapan Administrasi Bisnis & MICE, 1(1).

Sari, E. N., & Aji, G. G. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Lochatara Sebagai Produk Lokal Kediri dalam Upaya Meningkatkan Penjualan. The Commercium, 7(1), 100-111.

Triana, E., & Aji, G. G. (2022). Strategi Promosi DC Production Melalui Media Sosial dalam Menaikkan Popularitas Denny Caknan. THE COMMERCIUM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 06(01), 99–105. https://penerbitdeepublish.com/cara-

Yanto, O. (2015). Konsep Perlindungan Hak Cipta Karya Musik Dalam Ranah Hukum Hak Kekayaan Intelektual Dari Tindak Pidana Pembajakan. Jurnal Cita Hukum, 3(1), 954.

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Indri Novita Sari, I., & Gilang Gusti Aji. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Karya Musik dalam Mempertahankan Popularitas O.M Adella. The Commercium, 9(1), 415–421. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65982

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0